Hitstat

21 March 2018

Matius - Minggu 25 Rabu


Pembacaan Alkitab: Mat. 16:21-28
Doa baca: “Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.” (Mat. 16:27)


Dalam ayat 25 Tuhan berkata, “Karena siapa yang mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi siapa yang kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.” Dalam mengikuti Tuhan, janganlah kita menyelamatkan nyawa kita dengan membiarkan nyawa memperoleh kenikmatan. Jika kita menyelamatkannya pada zaman ini, kita akan kehilangan pada zaman yang akan datang. Ayat 26 Tuhan bertanya, “Apa gunanya seseorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya?” Kenikmatan nyawa (jiwa) hari ini terbungkus dengan dunia. Memperoleh dunia untuk kenikmatan jiwa sekarang ini ialah kehilangan hayat dalam kenikmatan kerajaan pada zaman yang akan datang.
Ayat 27 mengatakan, “Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.” Kata “sebab” pada permulaan ayat ini menunjukkan bahwa ganjaran Tuhan terhadap para pengikut-Nya pada saat kedatangan-Nya kembali, tergantung pada apakah mereka kehilangan jiwa mereka atau menyelamatkan jiwa mereka, seperti yang disebutkan dalam ayat 25-26. Dalam ayat 27 Tuhan mengatakan bahwa, “Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya,” yaitu berdasarkan pada apakah kita kehilangan kenikmatan jiwa kita pada zaman ini.
Ini memang tidak berhubungan dengan keselamatan kekal kita, namun sangat berhubungan dengan pahala sezaman Tuhan kepada kita. Jika kita benar-benar memikul salib mengikut Dia karena kehilangan kenikmatan jiwa kita pada zaman ini, Ia akan membalas kita dengan kenikmatan jiwa dalam kerajaan, dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya. Pahala Tuhan adalah masuk ke dalam kerajaan, yang akan terjadi pada manifestasi kerajaan. Manifestasi kerajaan pada masa seribu tahun itulah pahala bagi para pengikut Kristus yang tetap berada di bawah pembunuhan salib pada jalan menuju kemuliaan.


Sumber: Pelajaran-Hayat Matius, Buku 3, Berita 48

No comments: