Hitstat

26 March 2018

Matius - Minggu 26 Senin

Pembacaan Alkitab: Mat. 17:22-27; Gal. 2:20
Doa baca: “Namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Hidup yang sekarang aku hidupi secara jasmani adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan emenyerahkan diri-Nya untuk aku.” (Gal. 2:20)


Dalam 17:24-27 terdapat peristiwa pembayaran pajak dua dinar kepada pemungut pajak. Ini merupakan suatu ujian untuk menentukan apakah kita mengetahui bagaimana menerapkan wahyu dan visi tentang Kristus. Dalam pasal 16 Petrus menerima wahyu yang jelas dari Bapa surgawi tentang Kristus sebagai Anak Allah yang hidup. Sejak saat itu, Petrus sudah memastikan bahwa Kristus adalah Anak Allah yang hidup. Selanjutnya, di puncak gunung ia nampak Kristus yang dimanifestasikan sebagai Anak Allah yang hidup. Jadi, ia telah menerima wahyu dan juga telah nampak visi. Mempunyai wahyu tanpa visi itu mungkin. Apa yang Petrus terima dari Bapa surgawi dalam pasal 16 semata-mata hanya wahyu.

Dalam pasal 17 ia nampak Anak Allah dimanifestasikan dan diekspresikan melalui Yesus orang Nazaret. Tidak ada yang lebih jelas daripada wahyu dan visi ini. Namun Petrus harus diuji tentang penerapan wahyu dan visi. Menerima wahyu dan nampak visi adalah suatu hal, tetapi menerapkan keduanya secara riil merupakan suatu hal lain. Sebagai contoh, kita semua mungkin menerima wahyu dari Galatia 2:20 bahwa kita telah disalibkan bersama Kristus dan bahwa Kristus hidup di dalam kita. Boleh jadi bahkan yang terlemah di antara kita pun telah menerima wahyu ini.

Namun ketika istri atau suami Anda mempersulit Anda, dapatkah Anda masih berkata, “Bukan aku lagi, melainkan Kristus?” Ketika Anda bersama istri atau suami Anda, wahyu mengenai “disalibkan bersama Kristus” dan “wahyu Kristus hidup di dalam Anda” mungkin lenyap. Sangat sedikit orang yang menerima wahyu ini dapat menerapkannya pada hal-hal yang riil dalam kehidupan sehari-hari mereka.


Sumber: Pelajaran-Hayat Matius, Buku 3, Berita 50

No comments: