Hitstat

14 April 2011

1 Korintus - Minggu 5 Kamis

Pembacaan Alkitab: Kis. 2:42; 1 Yoh. 1:3; 1 Kor. 1:9

Dalam 1:9 Paulus berkata, "Allah, yang memanggil kamu kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita, adalah setia." Jangan salah paham, mengira ungkapan "persekutuan Anak-Nya" tidak berarti. Persekutuan memerlukan hayat. Tanpa hayat, kita tidak dapat bersekutu. Persekutuan adalah perkara yang di dalam, yang boleh kita lukiskan sebagai komunikasi hayati antara seseorang dengan orang lain.

Kata persekutuan untuk kali pertama dipakai dalam Kisah Para Rasul 2:42. Dalam ayat itu diterangkan bahwa orang-orang yang telah diselamatkan dan ditambahkan ke dalam gereja pada hari Pentakosta bertekun dalam pengajaran rasul dan persekutuan. Para rasul telah memberitakan Injil kepada mereka, dan pemberitaan Injil itu membawa mereka masuk ke dalam sesuatu yang oleh Alkitab disebut persekutuan.

Dalam Perjanjian Baru persekutuan melukiskan aliran antara kita dengan Tuhan maupun antar sesama kita. Satu Yohanes 1:3 mengatakan, "Apa yang telah kami lihat dan telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamu pun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, Yesus Kristus." Dalam 1 Yohanes kita nampak hayat (1:1-2) dan kemudian persekutuan. Ada sebuah arus, aliran yang vertikal antara kita dengan Bapa dan Anak, dan yang horizontal antara kita dengan kaum beriman lainnya. Puji Tuhan, hari ini di bumi ada sesuatu yang disebut persekutuan, persekutuan antar anak-anak Allah dan persekutuan antara anak-anak Allah dengan Allah Tritunggal!

Sejak hari Pentakosta ada sebuah arus yang telah mengalir secara horizontal di antara kaum beriman. Arus ini melalui ruang dan waktu. Ditinjau dari segi waktu, persekutuan ini telah mengalir dari generasi ke generasi. Ditinjau dari segi tempat, persekutuan ini meluas ke seluruh dunia; mengalir di antara kaum beriman di seluruh buana. Karena kita ada di dalam satu arus ini, kita tidak dapat dipisahkan oleh ruang. Tidak peduli kita ada di mana, kita semua berada dalam arus ini; yaitu, kita semua berada dalam satu persekutuan.

Menurut perkataan Paulus dalam 1:9, kita semua telah dipanggil oleh Allah ke dalam persekutuan ini. Ilustrasi terbaik untuk persekutuan mungkin adalah sirkulasi darah dalam tubuh manusia. Saat ini juga darah sedang bersirkulasi di seluruh tubuh Anda. Dalam waktu yang sangat singkat darah telah mengelilingi tubuh Anda satu kali. Kehidupan tergantung pada sirkulasi ini. Sebagaimana dalam tubuh manusia ada sirkulasi darah, demikian pula, dalam Tubuh Kristus ada sirkulasi rohani, yang disebut persekutuan. Sangat menyedihkan bahwa di kalangan kebanyakan orang Kristen hari ini, sirkulasi ini telah diabaikan, atau bahkan sama sekali tidak ada. Karena itu penting sekali kita menyadari bahwa di dalam pemulihan Tuhan, kita sekarang dibawa kembali ke dalam aliran ini, ke dalam persekutuan ini.

Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Korintus, Buku 1, Berita 14

No comments: