Hitstat

19 April 2011

1 Korintus - Minggu 6 Selasa

Pembacaan Alkitab: 1 Kor. 2:2; 12:12

Kristus yang disalibkan adalah satu-satunya pokok, sentral, isi, dan substansi dari ministri Paulus. Karena itu, ketika ia akan melayankan perkataan kesaksian Allah kepada orang-orang Yunani yang menyanjung kata-kata yang muluk dan menyanjung hikmat filsafat, ia memutuskan untuk tidak mengetahui apa-apa selain Kristus yang almuhit dan Dia yang disalibkan (2:2). Satu keputusan yang betapa tepat! Ini harus menjadi teladan bagi kita semua.

Sebuah gereja lokal akan selalu bermasalah bila orang-orang kudus ingin mengetahui perkara-perkara lain yang di luar Kristus. Mengetahui terlalu banyak doktrin sering menimbulkan perdebatan dan bahkan menyebabkan perpecahan. Tidak mengetahui perkara-perkara lain selain Kristus dan Kristus yang disalibkan, selalu berfaedah; dan inilah satu-satunya jalan yang aman.

Jika semua orang kudus dalam gereja lokal memutuskan untuk tidak mengetahui apa-apa selain Kristus Yesus, tidak akan ada problem dalam kehidupan gereja. Gereja lokal yang paling indah adalah gereja yang tersusun dari orang-orang kudus yang tidak mengetahui apa-apa selain Kristus. Bila mereka mengajukan pertanyaan, mereka menjawab bahwa mereka hanya mengetahui Kristus, menyeru nama Tuhan, berdoa, dan menikmati Tuhan Yesus. Mereka rela tampak seperti orang bodoh, karena tidak mengetahui apa-apa selain Kristus dan Dia yang disalibkan ini.

Penting sekali kita memutuskan untuk tidak mengetahui apa-apa dan belajar berkata, "Aku tidak tahu." Belajarlah menetapkan untuk tidak mengetahui apa-apa selain Yesus Kristus. Oh, kita semua harus memiliki roh, sikap, dan praktek yang demikian. Jika kita memutuskan untuk tidak mengetahui apa-apa selain Kristus, niscaya tidak akan ada problem atau perpecahan di antara kita.

Problem di Korintus ialah kaum beriman tahu terlalu banyak. Selain itu, mereka memustikakan pengetahuan, bahkan sampai taraf menjunjung tinggi pengetahuan. Karena itu, tidaklah heran kalau Paulus berniat merendahkan pengetahuan mereka dan menunjukkan Kristus yang telah disalibkan kepada mereka.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Korintus, Buku 1, Berita 15

No comments: