Hitstat

07 August 2013

Efesus - Minggu 46 Rabu



Pembacaan Alkitab: Ef. 4:12


Dalam pemulihan Tuhan kita perlu kembali kepada apa yang ada semula. Pada mulanya, khususnya pada masa Paulus, kaum saleh beroleh perawatan yang sangat kaya. Jika kita ingin diperlengkapi, yang kita perlukan bukan doktrin, sebaliknya, kita perlu disusun dengan Kristus. Seperti Saulus dari Tarsus, dulu kita semua adalah musuh Kristus dan penganiaya gereja. Tetapi pada suatu hari Tuhan Yesus datang kepada kita dan menangkap kita. Saya dapat bersaksi bahwa ketika saya berada di jalan menuju Damsyik saya, Tuhan menyatakan diri kepada saya dan mematahkan rencana saya. Walaupun saya begitu berambisi untuk menjadi seorang yang sukses dalam dunia, tetapi saya tidak punya pilihan lain kecuali mengikuti Tuhan. Banyak di antara kita yang mempunyai pengalaman yang sama. Tuhan Yesus mendatangi kita dan kita ditangkap oleh-Nya. Sekarang kita perlu menerima Dia lebih banyak ke dalam kita hingga kita dijenuhi oleh-Nya. Dengan cara ini kita akan menjadi anggota Tubuh yang berfungsi, karunia-karunia yang tersusun oleh Kristus yang telah tersalib dan bangkit dan yang telah naik dan turun lagi.

Kita sudah melihat bahwa melalui kematian-Nya, Kristus telah menaklukkan semua musuh dan membereskan semua problem. Kita juga telah nampak bahwa melalui kebangkitan-Nya, Ia telah membebaskan semua kekayaan ilahi, dan melalui kenaikan-Nya Ia telah menerima umat pilihan Allah dengan kepenuhan ilahi. Sejak saat kenaikan-Nya, Kristus telah bekerja untuk menyusun musuh-musuh yang telah dikalahkan menjadi karunia bagi Tubuh-Nya. Pertama-tama Ia datang kepada musuh-musuh yang telah dikalahkan-Nya dan masuk ke dalam mereka. Lalu Ia berangsur-angsur memenuhi mereka dan menjenuhi mereka dengan diri-Nya sendiri. Akhirnya, mereka yang dahulu adalah musuh-Nya diubah dan disusun menjadi karunia-karunia yang berguna yang dapat dipersembahkan kepada Tubuh. Karunia-karunia ini tidak semata-mata mengajar orang lain, tetapi mentransfusikan Kristus ke dalam mereka. Dengan cara ini anggota-anggota Tubuh menerima perawatan dan pengasuhan. Lalu mereka akan dikuduskan, dimurnikan, dan diubah menjadi anggota-anggota yang berfungsi. Sebagai akibatnya, segenap Tubuh akan tersusun bersama dengan tepat dan rapi oleh setiap sendi suplai, menurut pekerjaan yang efektif dalam kadar tiap-tiap anggota. Hal ini akan mempertumbuhkan Tubuh kepada pembangunan dirinya sendiri dalam kasih.

Saya percaya, harinya akan tiba, setiap orang dalam gereja-gereja lokal akan menjadi satu anggota yang berfungsi. Renungkan bagaimana seorang bocah bertumbuh melalui perawatan. Semakin bertumbuh, mereka akan semakin berfungsi. Sama prinsipnya dengan pertumbuhan rohani kita sebagai anggota Tubuh. Semakin kita bertumbuh melalui dirawat dan diasuh, kita akan semakin berfungsi dengan wajar dalam hidup gereja. Bila kaum saleh bersikap mutlak terhadap Tuhan, dalam waktu yang relatif pendek, banyak yang akan berfungsi. Saya mempunyai keyakinan penuh dalam Tuhan, tidak lama lagi hal ini akan merupakan situasi dalam pemulihan Tuhan.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 4, Berita 92

No comments: