Hitstat

23 December 2014

1 Tesalonika - Minggu 7 Selasa



Pembacaan Alkitab: 1 Tes. 2:13-17


Dalam ayat 14 Paulus melanjutkan, "Sebab kamu, Saudara-saudara, telah mengikuti teladan jemaat-jemaat Allah di Yudea, jemaat-jemaat di dalam Kristus Yesus, karena kamu juga telah menderita dari teman-teman sebangsamu sama seperti yang mereka derita dari orang-orang Yahudi." Rasul mengajarkan hal yang sama dalam semua gereja (1 Kor. 4:17; 7:17; 11:16). Ini menunjukkan bahwa semua gereja harus mengemban kesaksian yang sama tentang Yesus. Jadi, semua gereja adalah kaki-kaki pelita yang sejenis (Wahyu 1:9, 20).

Gereja di Tesalonika mengikuti teladan gereja-gereja di Yudea. Sudah tentu kabar tentang gereja-gereja di Yudea telah didengar oleh kaum beriman di Tesalonika. Bagaimana mungkin orang-orang Tesalonika mengikuti teladan gereja-gereja di Yudea kalau mereka belum mendengar sesuatu tentang gereja-gereja di Yudea. Mereka pasti telah mendengar tentang gereja-gereja dan umat salehnya. Berita-berita itu telah memelihara kaum beriman di Tesalonika, membuat mereka bertumbuh. Sekali lagi kita nampak bahwa tidak ada sesuatu yang lebih memelihara kaum saleh atau gereja-gereja daripada kabar yang benar tentang kaum saleh atau gereja lain.

Ayat 15 melanjutkan, "Bahkan orang-orang Yahudi itu telah membunuh Tuhan Yesus dan para nabi dan telah menganiaya kami. Apa yang berkenan kepada Allah tidak mereka pedulikan dan semua manusia mereka musuhi." Paulus memiliki kebijaksanaan dengan menuliskan ayat ini. Di sini ia sedang memvaksinasi kaum beriman terhadap penganut agama Yahudi yang pada akhirnya akan datang. Paulus menginjeksikan sebuah peringatan yang sehat tentang penganut agama Yahudi ke dalam kaum saleh di Tesalonika. Di sini Paulus seolah-olah berkata, "Saudara-saudara, jangan sekali-kali menganggap perkara orang-orang Yahudi sebagai sesuatu yang menakjubkan. Orang-orang Yahudi bukanlah bagi Allah, dan mereka tidak bersatu dengan Allah. Mereka membunuh Tuhan Yesus, dan mereka pun mengusir kami. Bersiap-siaplah wahai orang-orang Tesalonika, karena pada suatu hari nanti mereka akan datang kepadamu untuk merongrong dan merusak apa yang telah kita kerjakan. Janganlah menuruti omongan mereka, sebab mereka itu melawan kita. Mereka bermusuhan dengan semua orang, dan mereka tidak berkenan kepada Allah." Ini benar-benar vaksinasi yang sangat baik.

Perkataan vaksinasi ini juga adalah bagian dari pekerjaan pemeliharaan Paulus kepada umat saleh. Bahkan vaksinasi ini pun termasuk dalam pemeliharaan. Dalam hal memelihara anak-anak mereka, para orang tua berusaha melindungi mereka dari serangan penyakit. Malahan dalam memelihara kebun pun kita berusaha melindungi tanaman dari gangguan penyakit atau serangga. Bila tidak, penyakit akan merusak tanaman, dan serangga akan menggerogoti tanaman, terutama bagian-bagian yang lunak. Karena itu, agar tanaman terlindung, kita mungkin menyemprotkan obat serangga. Boleh dikatakan, dalam ayat ini Paulus sedang memberi kaum beriman di Tesalonika obat ilahi penangkis kuman. Ia memperingatkan mereka agar jangan menaruh keyakinan kepada orang Yahudi atau memberi mereka kepercayaan sedikit pun. Sebaliknya, orang-orang Tesalonika harus menolak mereka.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Tesalonika, Buku 1, Berita 13

No comments: