Hitstat

10 June 2019

Lukas - Minggu 18 Senin


Pembacaan Alkitab: Luk 15:1-32
Doa baca:Siapakah di antara kamu yang mempunyai seratus ekor domba, dan jikalau ia kehilangan seekor di antaranya, tidak meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya?” (Luk. 15:4)


Keselamatan Allah dalam Tiga Perumpamaan


Lukas 15:1-2 menunjukkan bahwa para pemungut cukai dan orang-orang berdosa senang kepada Manusia-Penyelamat dan datang mendekatiNya. Tetapi orang-orang agamis terganggu oleh hal ini dan bersungut-sungut karena Tuhan menyambut orang-orang berdosa dan makan bersama mereka.

Tuhan menjawab orang-orang Farisi dan ahliahli Taurat dengan tiga perumpamaan yang menyingkapkan dan menggambarkan bagaimana Trinitas Ilahi bekerja untuk membawa orang-orang dosa kembali melalui Putra oleh Roh, kepada Bapa. Putra datang dalam keinsanian-Nya sebagai Gembala untuk mencari orang dosa sebagai seekor domba yang hilang dan membawanya kembali ke rumah (Luk. 15:4-7). Roh itu mencari orang dosa seperti perempuan yang dengan teliti mencari dirham yang hilang sampai ia menemukannya (ayat 8-10). Bapa menerima orang dosa yang bertobat dan kembali seperti seorang yang menerima anaknya yang hilang (ayat 11-32). Ketiga perumpamaan ini menekankan kasih Trinitas Ilahi melebihi keadaan manusia yang telah jatuh dan menekankan pertobatan orang dosa yang menyesal.

Dalam penyebutannya, Putra disebut lebih dulu karena Dia yang akan datang dalam keselamatan Allah adalah Putra. Putra datang untuk menggenapkan penebusan, yang merupakan keperluan pertama, sebagai dasar keselamatan kita. Karena Putra telah menggenapkan penebusan, maka Roh datang untuk mencari kita. Karena pencarian Roh terhadap kita, kita bertobat dan kembali kepada Allah Bapa. Kemudian, Bapa menunggu kita kembali. Urutan ini adalah menurut langkah-langkah keselamatan Allah; yaitu oleh Putra, melalui Roh, dan kepada Bapa. Hari ini pun, kita perlu bekerja sama dengan Dia, membiarkan Dia menemukan kita, menyelamatkan kita, dan membawa kita kembali kepada Allah.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 2, Berita 34

No comments: