Hitstat

12 June 2013

Efesus - Minggu 38 Rabu


Pembacaan Alkitab: Ef. 4:13


Kristus harus tergarap ke dalam hati kita sedemikian rupa sehingga Ia berumah dalam hati kita (Ef. 3:17). Saya sangat prihatin, bagi kebanyakan di antara kita, masalah Kristus berumah di hati kita ini masih merupakan suatu doktrin belaka. Agar Kristus dapat berumah dalam hati kita, kita perlu menerima-Nya sebagai persona dan hayat kita. Dalam keadaan demikianlah baru kita dapat bersaksi bahwa persona yang hidup dalam hati kita bukan diri kita lagi, melainkan Kristus.

Kekristenan hari ini merupakan agama perilaku, doktrin, pekerjaan, kekuatan, karunia-karunia, dan pengetahuan. Tetapi, di dalamnya sedikit pun tidak ada realitas Kristus. Kebanyakan orang Kristen terselubung oleh konsepsi-konsepsi yang alamiah dan agamis. Itulah sebabnya kita perlu visi surgawi untuk mengetahui apakah yang terkandung dalam hati Allah, dan untuk melihat apakah yang Ia rencanakan dalam kekekalan.

Allah ingin memiliki sekelompok orang yang hanya memperhatikan Kristus. Ia menghendaki sekelompok orang yang tidak diduduki oleh pengetahuan, pekerjaan, perilaku, atau kekuatan, melainkan yang hanya memperhatikan Kristus dengan cara yang sangat riil. Pengalaman atas kekayaan Kristus dan realitas Kristus yang berumah dalam hati kita tidak seharusnya hanya suatu doktrin, melainkan harus menjadi realitas pengalaman kristiani kita sehari-hari.

Pemulihan Tuhan bukan masalah doktrin, penafsiran Alkitab, atau perilaku. Tidak hanya demikian, pemulihan Tuhan bukan masalah pengetahuan, karunia-karunia, kekuatan, atau pekerjaan. Berlawanan dengan semua itu, pemulihan Tuhan sepenuhnya merupakan masalah Kristus tergarap ke dalam kita dan berumah dalam hati kita.

Dalam Efesus 4:13 Paulus mengatakan bahwa kita semua harus mencapai “kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan (perawakan) yang sesuai dengan kepenuhan Kristus.” Kita tidak saja perlu menjadi orang yang sempurna dan lengkap, tetapi juga perlu menjadi orang yang dewasa sepenuhnya, yang memiliki tingkat pertumbuhan (perawakan) yang sesuai dengan kepenuhan Kristus. Kepenuhan Kristus ialah Tubuh Kristus (Ef. 1:23), yang mempunyai perawakan serta ukurannya.

Dalam Efesus 4:15 Paulus berkata lebih lanjut bahwa kita harus berpegang kepada kebenaran di dalam kasih, agar kita dapat dalam segala hal bertumbuh ke dalam Kristus. Bertumbuh ke dalam Kristus dalam segala hal berarti Kristus bertambah ke dalam kita atas segala hal, sampai kita mencapai kedewasaan penuh.

Dalam Efesus 5:30 Paulus berkata bahwa kita adalah anggota Tubuh Kristus. Ini menunjukkan bahwa kita adalah anggota Kristus, bagian dari Kristus. Menurut susunan alamiah kita, kita tidak dapat menjadi anggota Tubuh Kristus. Kristus sendiri adalah unsur, faktor, yang membuat kita menjadi bagian diri-Nya. Maka, untuk menjadi bagian dari Kristus sebagai anggota Tubuh-Nya, kita harus memiliki Kristus yang tergarap ke dalam diri kita.

Dalam Efesus 5:32 Paulus berkata bahwa rahasia besar ini ialah Kristus dan gereja. Dalam pemulihan Tuhan kita harus mencurahkan segenap perhatian kita ke atas masalah Kristus yang tergarap ke dalam kita, menjadikan kita gereja yang tepat, untuk mengekspresikan Kristus. Inilah ekonomi Allah.

Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 4, Berita 76

No comments: