Hitstat

02 October 2014

Kolose - Minggu 27 Kamis



Pembacaan Alkitab: Kol. 2:8-15


Dalam Kolose 2:8-15 penekanan Paulus ialah kaum beriman berada di dalam Kristus dan harus menurut Kristus. Adanya kita di dalam Kristus merupakan satu fakta. Dalam ayat 10 Paulus berkata, “Dan kamu telah dipenuhi di dalam Dia.” Kita juga telah disunat, dibangkitkan, dan dihidupkan di dalam Kristus (ayat 11-12). Tulisan Paulus dirangkai dengan konsepsi pokok bahwa segala sesuatu berada di dalam Kristus. Jika ungkapan “di dalam Dia” digeser dari Kolose 2:8-15, maka susunan dari tulisan Paulus akan runtuh.

Dalam Kolose 2:8 Paulus berkata, “Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafat dan tipuan yang kosong menurut ajaran turun-temurun dan unsurunsur dunia, tetapi tidak menurut Kristus” (Tl.). Perhatikan ungkapan “menurut Kristus”. Paulus menginginkan agar kita semua hidup dan bertingkah laku menurut Kristus. Disesatkan dari Kristus berarti berperilaku menurut sesuatu yang bukan Kristus, teristimewa menurut tradisi manusia dan unsur-unsur dunia. Kedua hal ini membahas setiap hal yang tidak menurut Kristus. Kaum beriman hari ini serupa dengan orang yang tidak beriman, yaitu menempuh hidup, bertindak, bertingkah laku, dan membawa diri menurut tradisi manusia atau menurut unsur-unsur dunia. Orang yang berperilaku menurut Kristus sangat sulit ditemukan. Namun demikian, orang Kristen seharusnya berperilaku menurut Kristus. Kita memuji Tuhan karena segala kekayaan yang kita miliki di dalam Kristus. Sekarang kita harus terus maju, menempuh hidup dan berperilaku menu-rut Kristus.

Dalam Kolose 2:8-15 Paulus mencatat sejumlah fakta rohani yang penting. Berdiamnya segala kepenuhan ke-Allahan secara jasmaniah di dalam Kristus itu adalah sebuah fakta. Kristus adalah kepala semua penguasa dan pemerintah. Kita telah disunat di dalam Kristus, dikubur di dalam Dia, dibangkitkan bersama Dia, dan dihidupkan di dalam Dia. Kesemuanya ini adalah fakta. Terhapusnya surat hutang dan ditiadakannya kuasa kegelapan juga adalah suatu fakta. Semua fakta ini berkaitan dengan masalah di dalam Kristus. Akan tetapi, jika kita menghendaki fakta-fakta ini menjadi pengalaman kita, kita tidak saja harus berada di dalam Kristus, tetapi juga harus menurut Kristus. Ungkapan “di dalam Dia” ditujukan kepada fakta-fakta itu, sedangkan ungkapan “menurut Kristus” ditujukan kepada pengalaman. Semua orang yang telah beroleh selamat mempunyai posisi di dalam Kristus. Sebagai orang yang telah beroleh selamat semua fakta yang telah disebutkan itu adalah milik kita. Kita mempunyai hak, atau hak milik atas semua fakta itu. Tetapi entah kehidupan sehari-hari kita menurut Kristus atau tidak, itu sepenuhnya hal lain. Kita boleh menyatakan dengan keyakinan yang pasti bahwa kita berada di dalam Kristus, tetapi kita mungkin tidak berani mengatakan bahwa kehidupan sehari-hari kita menurut Kristus. Apakah Anda dapat bersaksi dengan yakin bahwa kehidupan sehari-hari Anda menurut Kristus? Kita memang di dalam Kristus, tetapi kita tidak berperilaku menurut Kristus. Kita sangat sering hidup menurut tradisi manusia dan unsur-unsur dunia. Kita mempunyai fakta, tetapi kita kurang pengalaman.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kolose, Buku 3, Berita 54

No comments: