Hitstat

24 February 2016

Yakobus - Minggu 6 Rabu



Pembacaan Alkitab: Gal. 5:16, 25
5:16 Maksudku ialah: Hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.
5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh.


Banyak orang Kristen memustikakan 4:13‑17, teristimewa kata‑kata Yakobus dalam ayat 14‑15. Dalam ayat 14 Yakobus berkata, "Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap." Pernyataan ini bisa dipandang sebagai sebuah peribahasa. Kemudian dalam ayat 15 Yakobus menganjuri kita untuk berkata, "Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu." Di sini Yakobus mengatakan, daripada mengatakan bahwa hari ini atau besok kami akan berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal beberapa waktu, dan berdagang, serta mendapat untung, sebaiknya kita berkata, "Jika Tuhan menghendakinya ..."

Orang Kristen kadang‑kadang menggunakan ayat ini sewaktu menulis surat, berkata bahwa mereka akan pergi ke tempat anu atau melakukan hal‑hal tertentu "jika Tuhan menghendakinya". Dari pengalaman saya mengetahui, anak kalimat ini dapat menjadi perlindungan bagi kita. Asalnya, saya diundang ke tempat tertentu dan saya menerima undangan itu. Tetapi dalam surat jawaban saya, saya dapat menambahkan anak kalimat "jika Tuhan menghendakinya". Hal ini melindungi saya dalam hal kalau akhirnya saya tidak bisa pergi ke sana sesuai dengan rencana sebelumnya, saya tidak dapat disalahkan oleh orang lain karena tidak datang. Karena itu, berkata "jika Tuhan menghendakinya" dapat menjadi suatu perlindungan.

Apa yang dikatakan oleh Yakobus dalam ayat‑ayat ini berbeda nadanya dengan apa yang terdapat di tempat lainnya dalam Perjanjian Baru, terutama dalam tulisan‑tulisan Paulus. Boleh jadi Anda mengira bahwa ayat‑ayat tertentu yang ditulis oleh Paulus sama dengan yang ditulis oleh Yakobus dalam 4:15. Namun, nada dasar dalam tulisan Paulus berbeda, karena ia menyuruh kita hidup menurut Roh itu. Sebagai contoh, dalam Galatia 5:16 Paulus berkata, "Maksudku ialah: Hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging." Kemudian dalam Galatia 5:25 Paulus meneruskan ucapannya, "Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh." Berikutnya, dalam Roma 8:4 Paulus memberi tahu kita bahwa "tuntutan hukum Taurat digenapi di dalam kita yang tidak hidup meaurut daging, tetapi menurut Roh."

Dalam Kitab Kisah Para Rasul kita nampak bahwa Paulus dipimpin oleh Roh itu dan hidup dalam roh. Kisah Para Rasul 16:6 mengatakan bahwa "Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia." Kemudian ayat 7 mengatakan Roh Yesus tidak mengizinkan mereka masuk ke daerah Bitinia. Di sini kita nampak bahwa sewaktu Paulus melakukan perjalanan untuk memberitakan Injii, ia dikendalikan dan dipimpin oleh Roh itu. Pada kesempatan lainnya Paulus sangat sedih rohnya (Kis. 17:16), tertekan di dalam roh (Kis. 18:5), dan atas dorongan Roh memutuskan (Kis. 19:2 1).

Mengatakan "jika Tuhan menghendakinya" agak obyektif dan terlalu bernada Perjanjian Lama. Tetapi dipimpin oleh Roh itu, hidup menurut Roh itu, dan melakukan apa yang dikehendaki roh kita, bersifat subyektif dan jauh lebih sesuai dengan Perjanjian Baru.


Sumber: Pelajaran-Hayat Yakobus, Berita 10

No comments: