Hitstat

05 December 2009

Kisah Para Rasul Volume 1 - Minggu 3 Minggu

Visi Kenaikan Kristus ke Surga
Kisah Para Rasul 1:9
Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka

Ayat Bacaan: Luk. 24:51; Kis. 1:9; Mat. 16:18; Ef. 1:23; 3:19

Injil Lukas berakhir dengan kenaikan Tuhan ke surga (Luk. 24:51); Kisah Para Rasul dimulai dengan kenaikan-Nya ke surga. Tuhan melalui orang-orang beriman-Nya, di dalam kebangkitan dan kenaikan-Nya, merampungkan ministri-Nya di surga, menyebarkan Dia sebagai perkembangan Kerajaan Allah bagi pembangunan gereja (Mat. 16:18) di seluruh bumi, demi menyusun Tubuh-Nya, yaitu kepenuhan-Nya (Ef. 1:23), untuk mengekspresikan Dia; dan bahkan sebagai kepenuhan Allah (Ef. 3:19) mengekspresikan Allah.
Dalam penebusan Kristus, boleh dikatakan terdiri atas tiga bagian besar: pertama, kematian Kristus menekankan aspek kebebasan dari hal-hal negatif, yaitu menyelamatkan kita terlepas dari dosa, dunia, daging, alamiah, dan semua hal yang tidak sesuai dengan Allah; kedua, kebangkitan Kristus menekankan aspek jalan masuk ke dalam hal-hal positif, yaitu membawa kita ke dalam segala kekayaan ciptaan baru Allah di dalam Kristus; dan ketiga, kenaikan Kristus merupakan hasil akhir (kesimpulan) yang mulia dari kematian dan kebangkitan-Nya. Hasil akhir dari penebusan-Nya bukanlah kematian atau kebangkitan, melainkan kenaikan. Kristus tidak berhenti pada kematian, juga tidak berhenti pada kebangkitan; Dia berhenti pada kenaikan. Alkitab tidak mengatakan bahwa Tuhan duduk dalam kebangkitan, melainkan Dia duduk di surga (Ef. 2:6). Duduk menyatakan bahwa pekerjaan telah dirampungkan. Karena itu, pekerjaan penebusan Tuhan baru dianggap rampung saat Dia naik ke sorga. Boleh dikatakan bahwa kematian dan kebangkitan hanya merupakan pos-pos dalam proses penebusan Tuhan, kenaikan baru merupakan sasaran akhir penebusan-Nya. Dalam kenaikan-Nya, Kristus membawa semua yang telah Dia rampungkan dalam kematian dan kebangkitan­Nya ke surga, membawa hasil dari semua pekerjaan penebusan ke dalam alam surgawi.
Jadi, hari ini Tuhan juga di dalam posisi kenaikan-Nya menerapkan khasiat penebusan­Nya kepada manusia, semuanya diterapkan oleh Tuhan dalam kenaikan-Nya. Visi kenaikan Kristus ke sorga seharusnya menguatkan iman kita terhadap Tuhan dan karya penebusan-Nya yang sempurna, sehingga kita dapat bekerja sama dengan Tuhan melalui pelayanan kita dalam gereja.

No comments: