Hitstat

23 December 2009

Kisah Para Rasul Volume 2 - Minggu 1 Kamis

Diserahkan Allah Menurut Maksud dan Rencana-Nya
Kisah Para Rasul 2:23
Dia yang diserahkan Allah menurut maksud dan rencana-Nya, telah kamu salibkan dan kamu bunuh oleh tangan bangsa-bangsa durhaka

Ayat Bacaan: Kis.2:23; 1 Ptr. 1:20; Why. 13:8; Yoh. 1:29

Dalam Kisah Para Rasul 2:23 kita dapat melihat bahwa kematian Tuhan adalah menurut penetapan dan pengenalan dini Allah. Di sana dikatakan, “Dia yang diserahkan Allah menurut maksud dan rencana-Nya, telah kamu salibkan dan kamu bunuh melalui tangan bangsa-bangsa durhaka.” Rencana yang ditetapkan ini pasti telah ditentukan dalam suatu musyawarah yang diadakan oleh Trinitas Ilahi sebelum dunia dijadikan (1 Ptr. 1:20; Why. 13:8). Ini menunjukkan bahwa ketersaliban Tuhan bukanlah perkara yang kebetulan dalam sejarah manusia, melainkan suatu perampungan dengan tujuan yang khusus dari ketetapan ilahi Allah Tritunggal.
Kematian Kristus juga menurut pengenalan dini Allah. Kristus telah ditetapkan, disiapkan oleh Allah untuk menjadi Anak Domba yang menebus (Yoh. 1:29) bagi orang-orang pilihan-Nya menurut pengenalan dini-Nya sebelum dunia dijadikan (1 Ptr. 1:20). Ini dilaksanakan menurut kehendak dan rencana kekal Allah, tidak terjadi secara kebetulan. Karena itu, dalam pandangan kekal Allah, sejak dunia dijadikan, yaitu sejak kejatuhan manusia sebagai bagian dari dunia, Kristus sudah disembelih (Why. 13:8). Penyaliban Tuhan Yesus pun bukan hanya menggenapi nubuat Perjanjian Lama (Ul. 21:23; Gal. 3:13; Bil. 21:8-9), tetapi juga menggenapi firman Tuhan tentang cara mati-Nya (Yoh. 3:14; 8:28; 12:32).
Berdasaran pengenalan dini Allah dan penentuan-Nya pula, Kristus datang ke bumi untuk menjadi Penebus kita dan menggenapkan kehendak Allah. Selain itu, Roh itu datang kepada kita, bekerja di atas diri kita, dan membawa kita kepada pertobatan dan iman dalam Kristus. Karena kita telah ditentukan oleh Allah (Ef. 1:5), maka Roh itu datang kepada kita dan melakukan apa saja yang penting untuk membuat kita percaya ke dalam Kristus. Puji Tuhan bahwa ketika Kristus ditentukan, kita ditentukan juga! Haleluya atas pengenalan dini Allah! Dalam kekekalan yang lampau Allah menentukan Kristus dan sejumlah besar orang Kristen, manusia-manusia Kristus. Haleluya atas pengenalan dini Allah akan Kristus dan semua orang Kristen! Mari kita memuji Allah Bapa bagi pemilihan, perkenanan, dan penentuan-Nya.

No comments: