Hitstat

21 December 2009

Kisah Para Rasul Volume 2 - Minggu 1 Selasa

Berseru kepada Nama Tuhan akan Diselamatkan (2)
Kisah Para Rasul 2:21
Dan barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan

Ayat Bacaan: Kis. 2:21; 9:14; Rm. 10:12-13; 1 Kor. 1:2; 2 Tim. 2:22

Menurut konteksnya, Kisah Para Rasul 2:21 adalah kesimpulan dari kutipan nubuat Yoel yang dimulai dari ayat 17. Ini menunjukkan bahwa hasil pencurahan Roh Allah ke atas semua manusia adalah keselamatan mereka melalui menyeru nama Tuhan. Hari ini meskipun banyak orang yang mengenal nubuat Yoel tentang Roh Kudus, namun tidak banyak yang memperhatikan fakta bahwa untuk menerima pencurahan Roh Kudus dari Allah, kita perlu bekerja sama dengan jalan menyeru nama Tuhan.
Pada zaman gereja sebermula, menyeru nama Tuhan menjadi satu tanda populer dari orang-orang yang percaya kepada Kristus (Kis. 9:14, 21; 22:16; 1 Kor.1:2; 2 Tim.2:22). Ketika Paulus masih sebagai Saulus dari Tarsus, dia mendapatkan satu surat kuasa dari para imam, untuk membelenggu setiap orang yang berseru kepada nama Tuhan (Kis. 9:14). Ini menyatakan bahwa kaum saleh pada masa itu adalah orang-orang yang menyeru kepada Yesus. Penyeruan mereka kepada nama Tuhan telah menjadi tanda, ciri-ciri yang membuat mereka mudah dikenal sebagai orang Kristen.
Ketika Paulus menulis surat Roma, dia sendiri menekankan, “Sebab tidak ada perbedaan antara orang Yahudi dengan orang Yunani, karena Allah yang satu itu adalah Tuhan bagi semua orang, kaya bagi semua orang yang berseru kepadaNya. Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, pasti diselamatkan” (Roma 10:12-13). Dalam 1 Korintus Paulus juga berkata, “ . . . dengan segala orang di segala tempat yang berseru kepada nama Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Tuhan mereka dan Tuhan kita” (1 Kor.1:2). Dalam surat 2 Timotius dia juga memberitahu Timotius, bahwa ia harus menuntut perkara-perkara rohani bersama-sama dengan orang-orang yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni (2 Tim. 2:22). Dari ayat-ayat di atas kita nampak, bahwa orang-orang Kristen pada abad pertama melaksanakan praktek menyeru nama Tuhan. Tetapi sayang sekali, perkara ini justru telah lama diabaikan oleh kebanyakan orang Kristen. Kita percaya bahwa hari ini Tuhan akan memulihkan perkara menyeru namaNya, dan mau supaya kita menyeru nama Tuhan, agar kita bisa menikmati kekayaan hayatNya.

No comments: