Hitstat

09 December 2009

Kisah Para Rasul Volume 1 - Minggu 3 Kamis

Mengambil Bagian Dalam Pelayanan Ini
Kisah Para Rasul 1:17
Dahulu ia termasuk bilangan kami dan mengambil bagian di dalam pelayanan ini

Ayat Bacaan: Kis. 1:8, 17, 2 Kor. 4:1, Ef. 4:12

Mengenai Yudas, Petrus selanjutnya berkata dalam Kisah Para Rasul 1:17 bahwa dahulu ia termasuk salah seorang dari para rasul dan mengambil bagian di dalam pelayanan ini. Pelayanan ini, yang juga disebutkan dalam pasal 1:25 adalah ministri (pelayanan) untuk memikul kesaksian Yesus (Kis. 1:8). Walaupun rasul-rasul berjumlah dua belas orang, namun ministri mereka hanya satu — Ministri ini, yaitu ministri korporat di dalam prinsip Tubuh Kristus. Semua rasul merampungkan ministri yang sama untuk memikul satu-satunya kesaksian dari Yesus Kristus yang berinkarnasi, bangkit, dan naik ke surga, yang adalah Tuhan atas segala; mereka bukan memikul kesaksian untuk agama, doktrin, atau praktek apa pun.
Ministri dalam Perjanjian Baru ini unik. Perjanjian Baru hanya memiliki satu ministri (2 Kor. 4:1, Ef. 4:12). Paulus dan Petrus mengambil bagian dalam ministri ini. Semua rasul dalam Perjanjian Baru mengambil bagian dalam ministri ini. Ministri yang unik ini adalah ministri Perjanjian yang Baru. Ministri ini bukan diperoleh melalui doa dan berpuasa. Ministri ini dihasilkan sebagai buah melalui disusun dengan Roh pemberi-hayat yang almuhit. Kristus, dengan segala apa adanya Dia, apa yang dimiliki-Nya, yang telah dicapai-Nya dan yang telah diperoleh-Nya, harus disusun ke dalam setiap bagian dari diri umat pilihan dan tebusan Allah. Ministri ini sebenarnya adalah perkara disusun dengan kasih karunia melalui pengalaman terhadap penderitaan. Inilah satu-satunya jalan untuk menghasilkan satu ministri.
Kita harus memiliki beban bukan hanya memberitakan Injil atau mengajarkan Alkitab, melainkan harus melaksanakan ministri Perjanjian yang Baru ini dan dengan sekuatnya membantu orang-orang yang dengan murni mencari Tuhan dan memperhatikan kedambaan hati-Nya untuk berbagian dalam ministri ini. Ministri ini harus mengendalikan pemberitaan dan pengajaran kita. Tanggung jawab kita adalah memperhidupkan Kristus, memikul suatu kesaksian hidup bagi Dia dalam penghidupan kita sehari-hari, tidak mengetahui apapun selain Kristus, Sang almuhit dan pembangunan gereja, Tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia yang memenuhi semua dan di dalam semua (Ef. 1:23).

No comments: