Hitstat

22 December 2009

Kisah Para Rasul Volume 2 - Minggu 1 Rabu

Yesus Ditentukan dan Dinyatakan kepada kita
Kisah Para Rasul 2:22
...dengarlah perkataan ini: Yesus dari Nazaret adalah orang yang telah ditentukan Allah dan dinyatakan kepadamu dengan kekuatan-kekuatan dan mujizat-mujizat dan tanda-tanda ajaib...

Ayat Bacaan: Kol. 2:9, Ef. 1:23, 1 Kor. 14:26

Berita pertama dari pemberitaan Injil para rasul berpusat pada satu Pribadi, yaitu Yesus. Dalam kitab Kisah Para Rasul, Lukas memberitahu kita bahwa Yesus ini diberitakan oleh para rasul sebagai Juruselamat yang ditetapkan Allah. Yesus dari Nazaret adalah orang yang telah ditentukan Allah dan dinyatakan Allah kepada kita. Kata “dinyatakan” dalam ayat 22, diterjemahkan dari bahasa Yunani, yang secara harfiah berarti ditunjukkan, diperlihatkan, dipamerkan, yaitu dibuktikan dengan menunjukkan, dan karenanya diakui. Ini menunjukkan bahwa ketika Kristus sedang melayani, apa pun yang dikerjakan-Nya adalah pameran dari pekerjaan yang dilakukan oleh Allah melalui Dia.
Nikodemus adalah salah seorang guru Yahudi yang terpelajar pada zaman-Nya. Ia juga mengakui bahwa tidak ada seorang pun yang dapat mengadakan mujizat-mujizat (tanda-tanda) seperti yang dibuat oleh Yesus jika Allah tidak menyertai-Nya (Yoh. 3:2). Ketika Tuhan Yesus, sebagai seorang manusia, mengadakan mujizat-mujizat, sebenarnya Allah sendiri yang melakukan mujizat-mujizat itu. Kolose 2:9 berkata, “Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan.” Dalam ayat ini “kepenuhan” bukan mengacu kepada kekayaan Allah, melainkan mengacu kepada ekspresi kekayaan Allah. Jadi kepenuhan ke-Allahan adalah ekspresi ke-Allahan dan ekspresi ini ada di dalam Kristus secara individu.
Tubuh Kristus, adalah ekspresi Kristus yang korporat (Ef. 1:23), dan pekerjaannya adalah pameran yang korporat (1 Kor. 14:26). Karena itu, sidang-sidang kita haruslah merupakan suatu pameran ekspresi Allah yang korporat. Untuk itu kita harus berjerih lelah menggali setiap kekayaan Kristus, sehingga kita dapat memperoleh kekayaan-Nya untuk dibawa dan dibagikan ke dalam perhimpunan ibadah gereja. Semoga setiap kali kita berkumpul bersama-sama kita mengadakan sebuah pameran Kristus! Satu-satunya tujuan kita ialah mendapatkan diri Kristus, menumbuhkan Dia, menikmati Dia, membagi-bagikan Dia, dan mengekspresikan Dia. Itulah pekerjaan kita yang sesuai dengan kehendak Allah, yaitu memamerkan ekspresi Allah yang korporat.

No comments: