Hitstat

26 December 2009

Kisah Para Rasul Volume 2 - Minggu 2 Minggu

Allah telah Membuat Yesus Menjadi Tuhan dan Kristus
Kisah Para Rasul 2:36
Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus

Ayat Bacaan: Kis. 2:22-36; Mat. 1:16; Luk. 1:43; Yoh. 11:21, 20:28

Sesuai dengan pokok kitab Kisah para rasul yaitu “Pengembangbiakan Kristus yang bangkit dalam kenaikan-Nya, oleh Roh, melalui murid-murid untuk menghasilkan gereja-gereja—Kerajaan Allah”. Maka di sini kita dapat melihat mulai dari pasal dua ada sebuah pengembangbiakan Kristus melalui murid-murid. Pengembangbiakan ini dimulai oleh Tuhan Yesus sendiri. Kemudian melalui kematian dan kebangkitan-Nya Dia mendapatkan murid-murid dan terus berkembang sampai kita hari ini.
Pasal 2:22-36 adalah pemberitaan pertama Petrus kepada orang-orang Yahudi. Dia mempersaksikan Yesus dalam pekerjaan, kematian, kebangkitan, dan kenaikan-Nya. Sebagai Allah, Tuhan selamanya adalah Tuhan (Luk. 1:43; Yoh. 11:21; 20:28). Tetapi sebagai manusia, Dia dijadikan Tuhan di dalam kenaikan-Nya setelah Dia membawa keinsanian-Nya ke dalam Allah di dalam kebangkitan-Nya. Pekerjaan Roh Kudus yang pertama kali pada hari Pentakosta, membuat orang-orang yang mendengar merasa tertusuk hatinya. Apakah yang didengar oleh mereka? Mereka mendengar “Allah telah membuat Yesus, yang telah kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus.” Artinya, di antara kita dengan Kristus telah timbul masalah, kita tidak memiliki hubungan yang wajar dengan Kristus, kita telah bermasalah dengan Allah. Kristus telah ditetapkan oleh Allah, tetapi kita malah telah membunuh-Nya. Sebab itu, setelah mereka mendengar perkataan ini, hati mereka sangat tertusuk. Hati mereka tertusuk bukan karena mereka tidak rukun dengan saudara, bukan karena perjudian, bukan karena memukul orang, bukan karena membunuh orang, bukan karena melakukan kejahatan, melainkan karena mereka tidak memiliki hubungan yang wajar dengan Kristus. Mereka mendengar, hati mereka sangat tertusuk, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain, “Apakah yang harus kami perbuat?’ Perhatikanlah jawaban Petrus: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus.” Petrus menyuruh mereka (1) bertobat dan (2) dibaptis. Melalui bertobat dan dibaptis, Tuhan menjadi Tuhan dalam roh kita. Sebagai Sang Terurap Dia pun meraja, bertahta dan memerintah di dalam hati kita.

No comments: