Hitstat

10 April 2013

Efesus - Minggu 29 Rabu


Pembacaan Alkitab: Ef. 5:25-27


Kini kita maju kepada masalah perawatan dan pemeliharaan. Ketika saya masih muda, saya menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari Kitab Efesus. Tetapi saya tidak mengerti apa artinya dirawat dan dipelihara. Namun, melalui pengalaman saya kemudian mengerti makna dirawat dan dipelihara oleh Kristus. Apabila kita terbuka kepada Tuhan Yesus dan menerima-Nya sebagai hayat dan persona kita, Ia akan menguduskan dan membersihkan kita. Pada saat itu pula Ia memberi kita perawatan. Kita mengetahui hal ini melalui fakta bahwa kita memiliki satu perasaan kepuasan batiniah yang ajaib. Jadi kepuasan itu berasal dari perawatan.

Setiap pengudusan dan pembersihan yang tidak disertai perawatan itu bukan yang sejati. Itu adalah produk usaha diri sendiri. Setiap kali Anda berusaha menguduskan atau membersihkan diri sendiri, Anda akan menderita kelaparan rohani. Namun, jika Tuhan yang menguduskan dan membersihkan, Ia pasti akan menyuplaikan perawatan, dan Anda akan menikmati kepuasan yang manis. Semakin Tuhan memurnikan Anda, semakin banyaklah perawatan-Nya yang akan Anda terima. Anda tidak akan menderita di bawah proses pemurnian, sebaliknya, Anda akan menikmati Tuhan dan suplai hayat-Nya yang melimpah.

Tatkala Tuhan merawat kita, Ia juga memelihara kita. Ia seperti seorang ibu yang memelihara anaknya, bahkan pada saat memberinya makan. Betapa anak-anak itu menikmati kehangatan dan hiburan ibu mereka! Bila Anda merenungkan pengalaman Anda, Anda akan memahami, ketika Tuhan menguduskan, membersihkan, dan merawat Anda, Ia juga memelihara Anda dengan kehangatan-Nya yang lembut. Pemeliharaan-Nya akan menghibur, menyejukkan, dan menenangkan Anda. Haleluya, atas pengudusan, pembersihan, perawatan, dan pemeliharaan-Nya!

Hanya Kristus yang hiduplah yang dapat melakukan semuanya itu. Doktrin tidak berdaya melakukannya, Alkitab pun tidak. Jika Anda ingin mengalami pengudusan, pembersihan, perawatan, dan pemeliharaan, Anda harus percaya dan bersandar kepada Kristus yang hidup. Katakanlah kepada-Nya, “Tuhan Yesus, tidak ada satu pun yang dapat menggantikan Engkau. Tuhan, aku cinta kepada-Mu. Aku membuka hatiku kepada-Mu, dan aku berikan semua tempat dalam diriku bagi-Mu. Tuhan dudukilah aku dan jadilah hayat dan personaku. Tuhan, aku tidak menghiraukan hal-hal yang di luar, bahkan hidup gereja yang lahiriah. Aku hanya menghiraukan Engkau saja. Tuhan jadilah hayat dan personaku.” Jika Anda berkontak dengan Tuhan demikian, Anda akan merasa alangkah hidup, riil, tersedia, dan hadirnya Dia. Dia akan menguduskan Anda melalui menambahkan diri-Nya kepada Anda. Dia akan membersihkan Anda melalui membasuh bersih unsur usang dari sifat alamiah Anda. Dia juga akan merawat Anda dengan kekayaan-Nya dan memelihara Anda dengan kehangatan-Nya. Semuanya ini akan terjadi di batin Anda, sehingga Anda akan beroleh kenikmatan yang ajaib atas diri Tuhan. Itulah cara Tuhan mempersiapkan mempelai perempuan-Nya dan dengan cara inilah kita akan menjadi gereja yang mulia yang akan dipersembahkan Kristus kepada diri-Nya sendiri pada kedatangan-Nya kelak.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 3, Berita 58

No comments: