Hitstat

01 February 2014

Filipi - Minggu 23 Sabtu



Pembacaan Alkitab: Flp. 2:16; Kol. 3:16


Dalam 2:15 Paulus berkata lebih lanjut bahwa sebagai anak-anak Allah kita “bercahaya seperti bintang-bintang di dunia”. Istilah “bintang-bintang” di sini dalam bahasa aslinya berarti benda-benda terang yang memantulkan cahaya matahari. Hal ini menunjukkan kemampuan kita untuk berfungsi. Puji Tuhan bahwa kita bisa bercahaya! Kita bukan hanya sebagai anak-anak Allah, tetapi juga benda-benda yang memiliki fungsi surgawi untuk memantulkan Kristus, matahari sejati.

Sebagai benda-benda terang, kita tidak mempunyai terang apa-apa dalam diri kita sendiri. Pencahayaan kita hanyalah pemantulan cahaya yang kita terima dari sumber lain. Kristus adalah terang, matahari sejati, dan kita memantulkan Dia melalui menyatakan firman hayat. Karena itu, pencahayaan kita sebenarnya adalah pemantulan kita atas Kristus sebagai sumber cahaya kita.

Kita bercahaya melalui menyatakan firman hayat. Menurut Kolose 3:16, kita harus membiarkan perkataan Kristus tinggal dengan limpahnya di dalam kita. Dengan demikian kita akan memiliki firman hayat yang dengannya kita dapat bercahaya. Untuk menyatakan firman hayat, pertama-tama kita harus memiliki hayat ilahi dalam batin kita. Karena kita tersuplai oleh hayat ini dan beroleh energi darinya, maka kita dapat bercahaya seperti bintang-bintang melalui menyatakan firman hayat. Semakin kita terawat melalui memakan firman hayat, mencerna dan menyerap firman itu, semakin besarlah simpanan firman itu di batin kita. Lalu kita akan dengan spontan bercahaya dengan setiap firman hayat yang telah kita terima di dalam kita. Kemudian, pencahayaan ini akan menjadi penyataan, penyajian kita atas firman hayat yang ajaib itu kepada orang lain. Mereka yang pernah berkontak dengan kita sejangka waktu pasti akan mendapat bantuan dari kita. Jika kita tiap hari mencerna Kristus sebagai firman hayat, menyimpan kekayaan firman secara subyektif dan organik, kita akan memiliki sesuatu yang hidup dan organik untuk dibagi-bagikan kepada orang lain. Inilah pemberitaan Injil dan penyampaian kebenaran yang tepat. Seperti telah kita tunjukkan, inilah cara untuk memperbesar dan memperhidupkan Kristus.

Semoga kita semua mendoabacakan dan menyanyikan firman melalui melatih roh kita. Semoga kita dibebaskan dari segala macam belenggu dalam hal berkontak dengan firman dan Roh itu. Jika kita melatih roh kita untuk mendoabacakan, menyanyikan, dan memazmurkan Filipi 2:14-16, kita akan memuji Tuhan karena kita adalah anak-anak Allah dan juga bintang-bintang yang bercahaya yang menyatakan firman hayat. Kalau kita memdoabacakan ayatayat ini kata demi kata dan juga menyanyikan firman Allah, kita akan diresapi dan dijenuhi dengan suplai yang kaya dari firman hidup. Dengan demikian manusia batiniah kita akan dipenuhi dengan kekayaan Kristus. Lalu kita akan dengan spontan, tanpa disadari, bahkan tanpa disengaja, akan menempuh suatu kehidupan yang mengekspresikan Kristus dan menyatakan firman hayat. Yang diperlukan Tuhan dalam pemulihan-Nya hari ini adalah sekelompok orang yang memperhidupkan Kristus, yang bercahaya seperti bintang-bintang, dan yang menyatakan firman hayat, bukan sekelompok manusia yang agamis.


Sumber: Pelajaran-Hayat Filipi, Buku 3, Berita 46

No comments: