Hitstat

12 March 2015

1 Timotius - Minggu 4 Kamis



Pembacaan Alkitab: 1 Tim. 4:6-16


Dalam 4:6 Paulus memakai istilah "pelayan (minister) Kristus Yesus yang baik". Minister Kristus adalah orang yang melayani orang lain dengan Kristus, melayankan Kristus sebagai Juruselamat, hayat, suplai hayat, dan setiap hal yang positif kepada orang. Dia berbeda dengan pengajar hukum Taurat dan pengajar hal-hal yang lain (1:7, 3). Minister Kristus terutama bukan mengacu kepada pelayan milik Kristus, melainkan orang yang melayankan Kristus kepada orang lain. Misalnya, jika kita mengatakan seseorang melayani hidangan tertentu, tentu kita tidak menganggap ia milik hidangan itu, melainkan mengatakan ia melayani orang dengan hidangan itu. Demikian juga, meskipun minister Kristus adalah milik Kristus, tetapi pikiran yang utama di sini adalah ia seorang yang melayankan Kristus kepada orang lain. Ia bukan hanya milik Kristus, juga melayankan Kristus kepada orang lain.

Ayat 6 membuktikan bahwa "minister Kristus" adalah orang yang melayankan Kristus kepada orang lain. Di sini Paulus berkata, "Dengan selalu mengingatkan hal-hal itu kepada saudara-saudara seiman kita, engkau akan menjadi seorang pelayan Kristus Yesus yang baik, terawat dalam perkataan kepercayaan dan dalam ajaran sehat yang telah kauikuti selama ini" (Tl.). Hal-hal itu ditujukan kepada semua perkara yang pernah disinggung dalam surat ini oleh Paulus sampai saat ini. Sama seperti pelayan menghidangkan bermacam-macam makanan di hadapan tamu pada waktu makan, demikian juga minister Kristus yang baik harus menghidangkan "hal-hal itu" di hadapan kaum beriman. Tidak hanya demikian, Paulus memakai istilah "terawat" (LAI: terdidik) untuk menunjukkan bahwa konsepsinya adalah melayankan hayat kepada orang. Paulus tidak berkata "mendapat pengajaran" dalam perkataan kepercayaan, tetapi berkata "terawat", ini sangat bermakna. Untuk melayankan Kristus kepada orang lain, kita terlebih dulu harus menerima rawatan dari firman hayat tentang Kristus. Setelah kita dikenyangkan oleh Kristus, baru kita bisa melayankan Kristus sebagai makanan dan suplai hayat kepada orang lain. Kata "terawat" memberi kita dasar untuk berkata: minister Kristus yang baik tidak saja mengajarkan perkara Kristus kepada orang lain, terlebih pula melayankan Kristus sebagai makanan ke dalam orang lain. Orang lain seharusnya bisa bersaksi bahwa kita memelihara mereka dengan Kristus.

Kita nampak Paulus dan Timotius adalah teladan yang baik. Kita telah menunjukkan, Paulus menyuruh Timotius, "Mengingatkan hal-hal itu kepada saudara-saudara seiman," hal-hal itu ditujukan pada perkara-perkara yang ditulis Paulus dalam surat ini. Tetapi sebelum Timotius dapat mengingatkan hal-hal itu kepada orang lain, ia sendiri harus terlebih dulu memakan hal-hal itu. Ia harus terlebih dulu mencerna, menyerap, membiarkan hal-hal itu menjenuhi manusia batiniahnya. Kemudian dia baru dapat mengingatkan hal-hal itu kepada saudara-saudara. Hari ini kita harus mengikuti teladan Timotius, terlebih dulu memakan hal-hal yang Tuhan persekutukan melalui ministri itu, kemudian mengingatkan hal-hal itu kepada kaum saleh. Kalau kita semua berbuat demikian, hidup gereja akan sangat indah sekali! Tetapi kalau kita meninggalkan ministri itu, dan ingin mengucapkan perkara yang lain, kita akan membawa masuk ajaran yang lain. Timotius tidak bermaksud mengajarkan hal-hal yang berlainan dengan yang diajarkan oleh Paulus. Sebaliknya, ia mau mengingatkan hal-hal yang diterimanya dari Paulus kepada saudara-saudara.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Timotius, Berita 8

No comments: