Hitstat

22 April 2016

1 Petrus - Minggu 7 Jumat



Pembacaan Alkitab: 1 Ptr. 1:20
Doa Baca: 1 Ptr. 1:20
Ia telah dipilih sebelum dunia dijadikan, tetapi karena kamu baru menyatakan diri-Nya pada zaman akhir.


Berdasaran pengenalan dini Allah dan penentuan-Nya, Kristus datang ke bumi untuk menjadi Penebus kita dan menggenapkan kehendak Allah. Selain itu, Roh itu datang kepada kita, bekerja di atas diri kita, dan membawa kita kepada pertobatan dan iman dalam Kristus. Di satu aspek, Roh itu dapat mengatakan sesuatu tentang kita, "Oh, di sini ada orang yang ditentukan oleh Allah dalam kekekalan yang lampau. Sekarang adalah saatnya dia dipanggil dan diselamatkan." Karena kita telah ditentukan oleh Allah, Roh itu datang kepada kita dan melakukan apa saja yang penting untuk membuat kita percaya ke dalam Kristus.

Puji Tuhan bahwa ketika Kristus ditentukan, kita ditentukan juga! Haleluya atas pengenalan dini Allah! Dalam kekekalan yang lampau Allah menahbiskan Kristus dan sejumlah besar orang Kristen, manusia-manusia Kristus. Haleluya atas pengenalan dini Allah akan Kristus dan semua orang Kristen!

Dalam ayat 20 Petrus juga mengatakan bahwa Kristus "menyatakan diri-Nya pada zaman akhir". Ini menyiratkan bahwa Kristus tidak perlu dinyatakan bagi Allah. Bagi kepentingan kitalah Dia dinyatakan.

Inkarnasi, penyaliban, kebangkitan, dan penyusunan Roh Kristus bersifat kekal dalam pandangan Allah. Tetapi untuk kepentingan kita, Kristus perlu dinyatakan melalui inkarnasi dan melewati kehidupan manusia, penyaliban, kebangkitan, dan kenaikan, sehingga secara zaman Roh Kristus dapat tersusun.

Kristus telah ditentukan sebelum dunia dijadikan, tetapi "pada zaman akhir" dan bagi kepentingan kita Dia dinyatakan dan melewati kehidupan insani, penyaliban, kebangkitan dan kenaikan. Sesungguhnya, dalam pandangan kekal Allah, semua hal itu telah terjadi. Kristus telah ditetapkan menjadi Kristus, dan kita telah ditetapkan menjadi orang Kristen dalam kekekalan yang lampau. Namun penentuan ini perlu dilaksanakan dalam waktu. Karena itu, kita dilahirkan, menempuh kehidupan insani, dan melakukan banyak dosa dan pelanggaran. Suatu hari kita mendengar pemberitaan Injil, bertobat, percaya, menyeru nama Tuhan, dan bersyukur kepada Tuhan atas segala yang telah Dia kerjakan bagi kita. Namun, Tuhan dapat mengatakan, "Semuanya ini telah terjadi. Tetapi sekarang, demi kepentinganmu, hal-hal ini terjadi." Ini adalah suatu pengertian yang sejati dan tepat dari keselamatan Allah. Allah melakukan segala sesuatu dalam kekekalan yang lampau. Satu-satunya yang diperlukan adalah Kristus menyatakan diri bagi kita pada zaman akhir.

Dalam ayat 21 Petrus meneruskan perkataannya, "Melalui Dialah kamu percaya kepada (ke dalam) Allah yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan telah memuliakan-Nya, sehingga imanmu dan pengharapanmu tertuju kepada Allah." Di sini Petrus mengatakan bahwa melalui Kristus kita percaya ke dalam Allah. Begitu kita percaya kepada Kristus, kita dibawa masuk ke dalam kesatuan organik dengan Dia (Gal. 3:26-27). Kemudian, melalui Dia kita percaya ke dalam Allah, menjadi satu dengan Dia, dan berbagian dalam segala kekayaan-Nya.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Petrus, Buku 1, Berita 13

No comments: