Hitstat

22 July 2016

2 Petrus - Minggu 3 Jumat



Pembacaan Alkitab: 2 Ptr. 1:4
Doa baca: 2 Ptr. 1:4
Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.


Kita benar-benar perlu mempunyai pengenalan yang penuh akan Dia yang telah memanggil kita dengan maksud membawa kita masuk ke dalam kemuliaan dan kebajikan-Nya. Jika kita mempunyai pengenalan tentang Dia berdasarkan pengalaman, kuasa ilahi akan beroperasi secara efektif di dalam kita. Kalau tidak, kuasa ilahi tak berdaya beroperasi di dalam kita. Meskipun kuasa ini besar, bila kita tidak memenuhi syarat pengoperasiannya, kuasa ini tidak akan dapat beroperasi di dalam kita. Seperti yang telah kita lihat, syarat yang harus kita penuhi adalah bekerja sama dengan operasi Allah.

Dalam 1:4 Petrus melanjutkan, "Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari kebinasaan yang ada dalam dunia oleh hawa nafsu" (Tl.). Melalui dan berdasarkan kemuliaan dan kebajikan Tuhan, yang dengan dan olehnya kita telah dipanggil, Allah telah memberi kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar.

Petrus juga berkata bahwa melalui kemuliaan dan kebajikan ilahi, Allah telah memberi kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar. Ini menunjukkan, jika Allah tidak memanggil kita kepada kemuliaan dan kebajikan-Nya sendiri, Ia tidak perlu memberikan janji-janji kepada kita. Namun Allah memanggil kita kepada kemuliaan dan kebajikan-Nya sendiri. Sasaran ini sungguh besar, lebar, pun dalam. Siapakah yang dapat mencapai kemuliaan dan kebajikan Allah? Tak seorang pun dapat mencapai sasaran ini. Karena itu, perlu firman janji Allah untuk menjamin, mendorong, menguatkan, juga mendesak kita untuk mencapai sasaran ini.

Petrus tidak berkata bahwa Allah memanggil kita naik ke surga. Ia berkata bahwa Allah memanggil kita kepada kemuliaan dan kebajikan-Nya sendiri. Ketika kita mendengar hal ini, kita mungkin heran, bagaimana kita dapat mencapai sasaran semacam itu. Mengetahui bahwa kita memerlukan jaminan, dorongan, dan kekuatan, maka Allah telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar. Contoh dari janji-janji itu adalah perkataan Tuhan kepada Paulus dalam 2 Korintus 12:9, "Cukuplah anugerah-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Janji ini telah dianugerahkan kepada Paulus, membuatnya dapat menahan penderitaan karena "duri" dalam dagingnya. Untuk menanggung derita akibat "duri", kita perlu anugerah Tuhan yang cukup. Ini mengilustrasikan satu fakta bahwa kita memerlukan banyak janji, untuk membantu kita mencapai sasaran kemuliaan dan kebajikan Allah.


Sumber: Pelajaran-Hayat 2 Petrus, Berita 5

No comments: