Hitstat

28 October 2016

1 Yohanes - Minggu 10 Jumat



Pembacaan Alkitab: 1 Yoh. 2:15-17
Doa baca: 1 Yoh. 2:16
Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, tidak berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.


Dalam 1 Yohanes 5:19 Yohanes mengatakan bahwa seluruh sistem dunia berada di bawah si jahat. Si jahat ini tidak hanya telah mengatur segala sesuatu, tetapi seluruh sistem itu berada di bawah dia. Kita dapat memakai seorang pasien yang akan dioperasi (dibedah) sebagai satu ilustrasi dunia yang berada di bawah si jahat. Dalam suatu pembedahan, seorang pasien dibius dan dibaringkan di atas meja operasi. Ahli bedah dapat mengoperasi pasien itu, dan si pasien tidak sadar tentang apa yang sedang terjadi. Inilah satu gambaran tentang seluruh dunia berada di bawah tangan Iblis. Mereka yang di dalam dunia tidak sadar bahwa mereka tergeletak di atas "meja operasi" si jahat dan si jahat sedang "mengoperasi" mereka.

Dalam ayat 15 Yohanes berpesan kepada kita agar jangan mengasihi dunia atau hal-hal yang ada di dalam dunia. Dia mengatakan kepada kita bahwa jika kita mengasihi dunia, kasih Bapa tidak ada di dalam kita. Tidak mengasihi dunia adalah tumpuan untuk mengalahkan si jahat. Akan tetapi, jika kita mengasihi dunia, ini akan memberi si jahat tumpuan untuk menduduki kita. Kapan saja kita membuka diri kita kepada dunia, kepada sistem milik Iblis yang menentang Allah, kita akan kalah dalam pepeperangan melawan dia.

Dalam ayat 16 Yohanes mengatakan mengenai hal-hal di dalam dunia. Keinginan daging adalah hawa nafsu tubuh kita; keinginan mata adalah hawa nafsu jiwa kita melalui mata; keangkuhan hidup adalah kesombongan, kebanggaan, kemuliaan sia-sia, dan pameran benda-benda materi dari hidup zaman ini. Semua ini adalah komponen dunia.

Keinginan daging adalah keinginan nafsu dari tubuh, terutama berhubungan dengan tubuh. Karena buah pohon pengetahuan baik dan jahat telah masuk ke dalam umat manusia, maka tubuh kita menjadi jatuh dan rusak. Adam dan Hawa, nenek moyang kita, makan buah pohon pengetahuan baik dan jahat. Sebagai akibatnya, satu unsur jahat masuk ke dalam umat manusia, dan sekarang unsur ini ada di dalam tubuh jasmani kita. Dam pengalaman kita tahu bahwa suatu unsur yang jahat, unsur Iblis berhuni di dalam sifat manusia.

Dalam ayat 16 Yohanes juga membicarakan tentang keinginan mata. Kita telah menjelaskan bahwa keinginan mata adalah keinginan yang penuh nafsu dari jiwa melalui mata. Ketika buah pohon pengetahuan baik dan jahat masuk ke dalam tubuh manusia, tubuh menjadi daging. Karena tubuh mencakup jiwa, maka jiwa jatuh di bawah pengaruh tubuh yang jatuh. Sebagai akibatnya, jiwa kita juga telah dirusak. Karena itu, jiwa, psikologi kita, telah menjadi penuh nafsu karena pengaruh tubuh yang jatuh.

Dalam ayat 16 Yohanes juga menyebutkan keangkuhan hidup. Kita telah melihat bahwa keangkuhan hidup adalah kebanggaan, kesombongan, kemuliaan sia-sia, dan pameran benda-benda materi dari hidup zaman ini. Di sini kata "hidup" dalam bahasa Yunaninya adalah bios, sebuah kata yang mengacu kepada hayat jasmani, dan juga hidup zaman ini. Ini berbeda dengan istilah "hidup" dalam 1:1-2, yang mengacu kepada hayat ilahi.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Yohanes, Buku 1, Berita 20

No comments: