Hitstat

24 October 2016

1 Yohanes - Minggu 10 Senin



Pembacaan Alkitab: 2 Kor. 13:13
Doa baca: 2 Kor. 13:13
Anugerah Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian.


Surat 1 Yohanes tersusun dari tiga bagian utama: persekutuan hayat ilahi (1:1—2:11), pengajaran pengurapan ilahi (2:12-27), dan kebajikan kelahiran ilahi (2:28—5:21). Dalam berita-berita sebelumnya kita telah mengungkapkan bagian pertama dari surat ini dan masalah mendasar pertama yang diwahyukan dalam kitab ini — persekutuan hayat ilahi. Dalam berita ini kita sampai pada bagian kedua dan masalah mendasar kedua pengajaran pengurapan ilahi.

Pengurapan adalah fungsi dari Roh pemberi-hayat yang majemuk dan almuhit, yang adalah Allah Tritunggal yang telah melalui proses. Dalam definisi ini kita dapat melihat berbagai unsur atau susunan dari pengurapan. Pengurapan adalah fungsi. gerakan dari minyak urapan majemuk.

Pengurapan sangat misterius, tetapi juga rill dan dapat dialami. Yohanes memakai kata kerja yang dibendakan "pengurapan" sebagai pengganti kata benda "urapan". Kata ini mengacu kepada gerakan Roh yang almuhit di dalam kita. Jika kita dengan cermat membaca 2:12-27, kita akan menyadari bahwa pengurapan sebenarnya adalah perwujudan Roh pemberi-hayat yang majemuk dan almuhit, yang adalah Allah Tritunggal yang telah melalui proses.

Satu Yohanes 2:12-27 adalah satu bagian yang membicarakan Trinitas ilahi menurut pertumbuhan kaum beriman dalam hayat. Dalam ayat-ayat ini Trinitas diungkapkan dengan cara yang sangat positif dan penuh makna. Tetapi jika kita tidak mempunyai pandangan rohani dan surgawi dari ayat-ayat ini, kita tidak akan melihat bahwa Trinitas diungkapkan di sini. Pengajaran pengurapan ilahi berhubungan dengan Trinitas ilahi, tetapi pengajaran ini adalah menurut pertumbuhan kita dalam hayat. Ini berarti semakin kita bertumbuh dalam hayat, kita akan semakin mengenal Trinitas.

Seluruh Perjanjian Baru disusun dengan Trinitas. Contohnya, dalam Surat Efesus, setiap pasal disusun dengan Trinitas. Dua Korintus 13:13 mengatakan, "Anugerah Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh. Kudus menyertai kamu sekalian." Ayat terakhir dari Surat 2 Korintus ini mengatakan bahwa seluruh Surat 2 Korintus membicarakan anugerah Kristus, kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus. Kita juga melihat Trinitas dalam Kitab Wahyu: "Anugerah dan damai sejahtera menyertai kamu, dari Dia, yang ada dan yang sudah ada, dan yang akan datang, dan dari ketujuh roh yang ada di hadapan takhta-Nya, dan dari Yesus Kristus, Saksi yang setia, yang pertama bangkit dari antara orang mati dan yang berkuasa atas raja-raja bumi ini" (1:4b-5a). Di sini kita nampak bahwa Kitab Wahyu yang misterius dimulai dengan Trinitas, karena susunan dasar kitab ini juga adalah Trinitas.

Dalam Surat 1 Yohanes hanya disediakan 16 ayat untuk menggambarkan pengurapan yang majemuk, almuhit, dan misterius (2:12-27). Jika kita mempelajari ayat-ayat ini dengan cermat dan mendalaminya, kita akan nampak bahwa Trinitas ilahi ada di sini, dan Trinitas diungkapkan menurut pertumbuhan kaum beriman dalam hayat.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Yohanes, Buku 1, Berita 19

No comments: