Hitstat

29 October 2016

1 Yohanes - Minggu 10 Sabtu



Pembacaan Alkitab: 1 Yoh. 2:15-17
Doa baca: 1 Yoh. 2:17
Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.


Kita telah melihat bahwa dunia dalam 2:15 menunjukkan satu sistem yang menentang Allah, yang setani, yang jahat, yang disusun dari benda-benda yang diciptakan oleh Allah. Iblis telah menggunakan benda-benda ini untuk membentuk sistemnya. Akan tetapi, benda-benda ini bukanlah isi dari sistem dunia setani. Sistem ini terdiri dari keinginan daging, keinginan mata, dan keangkuhan hidup zaman ini. Contohnya, Allah telah menciptakan berbagai jenis makanan. Tanpa makanan, kita tidak dapat mempertahankan hidup. Akan tetapi, Iblis memakai makanan untuk membentuk satu sistem setani. Akan tetapi, ini tidak berarti makanan itu adalah bagian dari isi sistem jahat Iblis.

Tidak mudah membedakan antara hal-hal, masalah­masalah, dan orang-orang yang dipakai oleh Iblis untuk menyusun sistem jahatnya dengan isi sebenarnya dari sistem dunia ini. Mobil dan rumah Anda mungkin dipakai oleh Iblis untuk menyusun dunia yang menentang Allah. Tetapi baik mobil Anda maupun rumah Anda bukanlah bagian dari isi sistem jahat Iblis. Saya ingin menekankan sekali lagi bahwa isi dari sistem Iblis adalah keinginan daging, keinginan mata, dan keangkuhan hidup zaman ini.

Memiliki mobil pribadi dapat digunakan sebagai satu ilustrasi untuk menunjukkan perbedaan antara sesuatu yang digunakan oleh Iblis untuk membentuk sistemnya dengan isi sebenarnya dari sistem ini. Bagaimana sebuah mobil dapat dimanfaatkan oleh musuh Allah untuk membentuk sistem jahatnya? Mobil itu sendiri bukanlah satu masalah dan bukanlah isi dari sistem Iblis. Masalahnya adalah pada keinginan daging, keinginan mata, dan khususnya keangkuhan hidup zaman ini. Jika bukan untuk keangkuhan manusia, sebuah mobil tidak akan menjadi satu masalah. Akan tetapi, banyak orang yang suka membeli mobil yang mahal untuk pamer. Dalam hal ini, mobil yang mereka kendarai digunakan untuk keangkuhan. Ketika Anda memikirkan sebuah mobil, Anda mungkin ingin memilikinya. Beberapa orang mungkin memikirkan mobil siang dan malam. Mobil itu tidak salah — orang-orangnya yang salah. Masalahnya bukan pada mobil yang mereka perlukan; masalahnya adalah pada keinginan daging, keinginan mata, dan keangkuhan hidup.

Menurut Alkitab, dunia berlawanan dengan Bapa (2:15), Iblis berlawanan dengan Anak (3:8), dan daging berlawanan dengan Roh (Gal. 5:17). Di satu pihak, kita mempunyai Trinitas ilahi — Bapa, Anak, dan Roh. Di pihak lain, kita mempunyai trinitas jahat — dunia, Iblis, dan daging. Jika kita menikmati Trinitas ilahi, kita tidak akan ada hubungan dengan trinitas jahat ini.

Sebagaimana dunia berlawanan dengan Allah Bapa, demikian pula hal-hal yang ada dalam dunia, yang membentuk keinginannya, berlawanan dengan kehendak Allah. Di pihak positif, kita memiliki Bapa dan kehendak-Nya. Di pihak negatif, kita memiliki dunia dan segala hal yang ada di dalam dunia. Dunia berlawanan dengan Bapa, dan hal-hal di dalam dunia berlawanan dengan kehendak Bapa.

Menurut perkataan Yohanes dalam ayat 17, dunia sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi siapa saja yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selamanya. Melakukan kehendak Allah adalah terbiasa melakukan kehendak Allah secara terus-menerus dan bukan kadang-kadang saja. Dunia, hawa nafsunya, dan mereka yang mengasihi dunia sedang lenyap. Tetapi Allah, kehendak-Nya, dan mereka yang melakukan kehendak-Nya tetap hidup selama-lamanya.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Yohanes, Buku 1, Berita 20

No comments: