Hitstat

02 November 2016

1 Yohanes - Minggu 11 Rabu


Pembacaan Alkitab: 1 Yoh. 2:14-23

Doa baca: 1 Yoh. 2:23

Sebab siapa yang menyangkal Anak, ia tidak memiliki Bapa. Siapa yang mengaku Anak, ia juga memiliki Bapa.





Allah Tritunggal, yang sekarang bersatu secara organik dengan kita, mengajar kita tentang diri-Nya sendiri. Pengajaran ini bersifat subjektif dan bisa dialami. Hari demi hari, asalkan kita di dalam kesatuan organik dengan Allah Tritunggal, kita menikmati Dia, kita mengalami Dia, dan kita hidup di dalam Dia, dengan Dia, dan oleh Dia. Kehidupan ini adalah satu pengajaran yang konstan tentang hal-hal mengenai Allah Tritunggal. Kita dapat bersaksi bahwa kita pasti menikmati Allah Tritunggal di dalam hidup kita setiap hari.



Ketika Allah Tritunggal menjadi kenikmatan dan pengalaman kita, pergerakan-Nya adalah pengurapan di dalam kita. Pengertian ini memungkinkan kita memberi satu definisi yang tepat tentang pengurapan: pengurapan adalah pergerakan Allah Tritunggal menjadi kenikmatan dan pengalaman batiniah kita.



Berdasarkan Alkitab, kita mengajarkan bahwa Bapa, Anak, dan Roh adalah satu. Yesaya 9:5 mengatakan bahwa seorang Anak telah diberikan kepada kita, nama-Nya disebut Bapa kekal, atau Bapa yang abadi, atau Bapa kekekalan. Ini cocok dengan firman Tuhan mengenai diri-Nya sendiri dan Bapa, yang tercatat dalam Injil Yohanes. Tuhan Yesus mengatakan bahwa Dia, Anak, datang dalam nama Bapa (Yoh. 5:43). Tuhan tidak pernah mengatakan bahwa diri-Nya sendiri adalah Anak dan juga adalah Bapa. Tetapi Dia mengatakan bahwa Dia adalah Anak yang datang dalam nama Bapa. Dalam Yohanes 14 Tuhan juga mengatakan bahwa jika kita melihat Dia, kita melihat Bapa (ayat 9). Selanjutnya, dalam pasal ini Tuhan mengatakan bahwa Dia ada di dalam Bapa dan Bapa di dalam Dia (ayat 10-11). Maka Dia mengatakan dalam Yohanes 10:30, Bapa dan Anak adalah satu. Bila kita mengakui Dia, kita juga mempunyai Bapa (1 Yoh. 2:23). Selanjutnya, Dia juga adalah Roh (2 Kor. 3:17). Bila kita mempunyai Dia berhuni di dalam kita, kita juga mempunyai Bapa dan Roh. Apakah Anda tidak mempunyai Tuhan Yesus di dalam Anda? Tentu saja Anda punya. Apakah Anda juga tidak mempunyai Bapa dan Roh di dalam Anda? Anda pasti juga mempunyai Bapa dan Roh di dalam Anda. Ini berarti Bapa, Anak, dan Roh semuanya ada di dalam Anda. Lalu, berapa banyak yang kita miliki di dalam kita? Dari pengalaman kita tahu bahwa kita hanya mempunyai Satu di dalam kita. Satu yang berhuni di dalam kita ini adalah Allah Tritunggal, Bapa, Anak, dan Roh.



Kita perlu terkesan dengan fakta bahwa pengurapan adalah pergerakan Allah Tritunggal yang kita nikmati dan alami. Pergerakan Allah Tritunggal di dalam kita yang menjadi kenikmatan dan pengalaman kita adalah pengurapan. Pengurapan dalam 1 Yohanes 2 ini mengacu kepada pengalaman kita atas Allah Tritunggal. Inilah pengalaman yang mengajarkan hal-hal mengenai Trinitas kepada kita.



Maksud Yohanes d.alam 2:18-27 adalah untuk memperingatkan anak-anak tentang antikristus dan ajaran-ajaran bidah mereka. Dalam ayat-ayat ini Yohanes seolah-olah mengatakan, "Jangan dengarkan semua ajaran salah mengenai persona Kristus ini. Kahan mempunyai pengajar di dalam kalian, dan pengajar ini adalah pengurapan. Jangan perhatikan apa yang dikatakan antikristus, tetapi dengarkan pengalaman kalian atas pergerakan Allah Tritunggal sebagai pengurapan di dalam kalian." Puji Tuhan atas pengalaman akan pengajaran pengurapan mengenai Allah Tritunggal!





Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Yohanes, Buku 1, Berita 21

No comments: