Hitstat

01 November 2016

1 Yohanes - Minggu 11 Selasa

Pembacaan Alkitab: Mat. 28:19
Doa baca: Mat. 28:19
Karena itu, pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.


Pengurapan sebenarnya adalah pergerakan urapan, dan urapan adalah satu gabungan. Akan tetapi, minyak bukanlah satu gabungan, karena ia mengandung satu unsur tunggal. Sebaliknya, minyak urapan majemuk mengandung sejumlah unsur. Dalam Roh majemuk kita mempunyai Bapa, Anak, Roh, keilahian, keinsanian, inkarnasi, kehidupan insani, khasiat kematian Kristus, kuasa kebangkitan-Nya, dan kenaikan-Nya. Pengurapan adalah pergerakan dari Roh majemuk ini dengan semua unsur-Nya. Hanya pengurapan ini., hanya pergerakan Roh majemuk ini yang dapat mengajar kita tentang Allah Tritunggal.

Cat adalah ilustrasi yang terbaik dari minyak urapan majemuk. Cara apakah yang terbaik untuk mengetahui unsur-unsur dari suatu cat? Cara yang terbaik adalah membeli sekaleng cat dan mengoleskannya pada perabot. Dengan mengoleskan cat itu Anda akan mengenal unsur-unsur cat itu. Ini berarti hanya cat itu sendiri yang dapat mengajar Anda tentang suatu cat. Selain cat itu tidak ada cara lain untuk mempelajari unsur-unsur cat itu. Dengan cara yang sama, dengan menerapkan diri-Nya sendiri kepada kita seperti "cat", Roh majemuk mengajar kita mengenai Allah Tritunggal dan aktivitas-aktivitas-Nya. Kita juga dapat mengatakan bahwa unsur-unsur Roh majemuk mengajar kita berbagai hal mengenai Allah Tritunggal dan aktivitas-aktivitas-Nya. Roh pengurapan adalah komposisi Allah Tritunggal dengan segala aktivitas-Nya, dan sekarang Roh majemuk ini mengajar kita mengenai hal-hal Trinitas.

Allah Tritunggal telah menjadi majemuk tidak hanya dengan unsur-unsur persona-Nya — keilahian, Bapa, Anak, dan Roh — tetapi juga dengan unsur-unsur aktivitas-Nya — inkarnasi, kehidupan insani, penyaliban, kebangkitan, dan kenaikan. Semua unsur ini telah digabungkan menjadi Roh majemuk yang pengurapan-Nya mengajar kita mengenai hal-hal Trinitas.

Wahyu dalam Alkitab mengenai Allah Tritunggal benar-benar dapat dialami. Misalnya, dalam Matius 28:19 Tuhan Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, "Karena itu, pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh kudus." Dalam Word Studies in The New Testament M.R. Vincent mengatakan bahwa nama dalam Matius 28:19 sama dengan personanya. Sebab itu, membaptis orang ke dalam nama Bapa, Anak, dan Roh berarti membaptis orang ke dalam persona Allah Tritunggal. Seperti nama manusia menunjukkan persona manusia, nama ilahi menyatakan persona ilahi. Membaptis orang ke dalam nama Allah Tritunggal adalah meletakkan orang ke dalam persona Allah Tritunggal.

Vincent juga mengatakan, "Membaptis ke dalam nama Trinitas kudus menyiratkan kesatuan yang rohani dan misterius dengan Dia." Kata depan "ke dalam" menyiratkan kesatuan yang organik antara kita dengan Allah Tritunggal. Dibaptis ke dalam persona Allah Tritunggal berarti ditempatkan ke dalam kesatuan organik dengan Dia. Sebagai orang yang telah dibaptis ke dalam persona Allah Tritunggal, kita sekarang bersatu secara organik dengan. Allah Tritunggal, dan Dia bersatu secara organik dengan kita.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Yohanes, Buku 1, Berita 21

No comments: