Pembacaan Alkitab: 1 Yoh. 2:20-27
Doa baca: 1 Yoh. 2:20
Tetapi kamu telah beroleh pengurapan dari Yang Kudus,
dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya.
Dalam
berita yang lalu kita telah menunjukkan bahwa menurut 1 Yohanes 2:20-27 Bapa
dan Anak adalah satu. Benar-benar tepat mengatakan bahwa Anak tidak terpisah
dari Bapa, atau Bapa dari Anak. Akan tetapi, masih ada perbedaan antara ketiga
ke-Allahan, satu perbedaan antara Bapa, Anak, dan Roh Kudus.
Tuhan
adalah Yesus, juga adalah Kristus. Meskipun tidak ada pemisahan antara Yesus
dengan Kristus, tetapi ada satu perbedaan antara sebutan Yesus dan Kristus ini.
Nama Yesus berarti "Yehova Juruselamat kita" atau "Yehova
keselamatan kita". Gelar Kristus berarti "Yang diurapi". Nama
Yesus kebanyakan menunjukkan Tuhan di dalam keinsanian-Nya, di dalam inkarnasi,
kehidupan insani, dan penyaliban-Nya. Gelar Kristus menunjukkan Tuhan sebagai
Yang diurapi Allah dan khususnya apa adanya Dia di dalam kebangkitan dan
kenaikan. Yesus dan Kristus keduanya mengacu kepada persona yang sama. Meskipun
persona ini tidak dapat dipisahkan, namun ada satu perbedaan antara gelar Yesus
dengan Kristus ini.
Meskipun
Anak dan Bapa adalah satu, tetapi kita jangan mengatakan bahwa tidak ada
perbedaan antara Bapa dengan Anak. Ada satu perbedaan antara Bapa dengan Anak,
tetapi tidak ada pemisahan. Ketika Bapa hadir, Anak juga hadir. Demikian juga,
di mana ada Anak, di sana juga ada Bapa. Bapa dan Anak tidak dapat dipisahkan.
Karena inilah dalam ayat 23 Yohanes mengatakan bahwa siapa yang menyangkal
Anak, ia tidak memiliki Bapa, dan siapa yang mengakui Anak, ia juga mempunyai
Bapa.
Seharusnya
tidak ada suatu keraguan di dalam kita bahwa Bapa, Anak, dan Roh benar-benar
satu dan adalah satu Allah. Meskipun kita percaya dalam Trinitas, kita jelas
tidak percaya dalam tiga Allah. Triteisme, kepercayaan dalam tiga Allah, adalah
bidah, dan kita harus mengecamnya. Meskipun Allah adalah satu, ada satu
perbedaan yang jelas antara Bapa, Putra, dan Roh di dalam ke-Allahan.
Kebenaran
tentang Allah Tritunggal beraspek dua, memiliki dua sisi atau dua aspek; aspek
satu dan aspek tiga. Kebenaran beraspek dua mengenai Trinitas dinyatakan di
dalam kata tritunggal (triune). Kata sifat ini sebenarnya adalah sebuah kata
bahasa Latin yang tersusun dari dua bagian : tri, berarti tiga, dan une,
berarti satu. Karena itu, kata "triune" berarti tritunggal. Di
satu pihak, Allah kita adalah satu yang unik; di pihak lain, Dia adalah tiga.
Dalam aspek Allah adalah satu, tidak ada pemisahan antara Bapa, Anak, dan Roh.
Tetapi dalam aspek Allah adalah tiga, ada perbedaan antara Bapa, Anak, dan Roh.
Tuhan Yesus mengatakan, "Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku."
(Yoh. 14:10). Karena Bapa dan Anak tinggal di dalam satu sama lain, maka mereka
tidak dapat dipisahkan. Tetapi masih ada perbedaan antara Bapa dengan Anak.
Sumber:
Pelajaran-Hayat 1 Yohanes, Buku
1, Berita 23
No comments:
Post a Comment