Hitstat

21 August 2017

Wahyu - Minggu 29 Senin



Pembacaan Alkitab: Yes. 2:2-3; 11:6, 8
Doa baca: Yes. 2:2
Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung tempat rumah TUHAN akan berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana.


Dalam Wahyu 20:1-3 kita melihat pemenjaraan Iblis. Setelah Antikristus dikalahkan, Iblis diikat dan dipenjarakan untuk membersihkan bumi yang memberontak sehingga kerajaan Kristus dapat datang (ayat 4-6). Iblis akan diikat dan dicampakkan ke dalam jurang maut, yang berada di jantung bumi. Iblis akan dipenjarakan di sana selama seribu tahun. Setelah itu, "ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya" (ayat 3).

Setelah perang Harmagedon, Tuhan akan mendirikan takhta kemuliaan-Nya di Yerusalem dan mengumpulkan di hadapan-Nya semua bangsa yang masih ada di bumi. Kemudian Dia akan melaksanakan penghakiman-Nya atas mereka. Itu adalah penghakiman Kristus atas orang yang hidup menurut Injil kekal yang diberitakan oleh malaikat di langit (14:6). "Kambing-kambing" akan pergi ke api kekal yang disiapkan bagi Iblis dan malaikat-malaikatnya, dan "domba-domba" akan masuk ke dalam Kerajaan Seribu Tahun sebagai warga negara (Mat. 25:34). Meskipun "domba-domba" ini akan dipulihkan, mereka tidak akan dilahirkan kembali. Mereka masih mempunyai sifat yang suka memberontak, dan dengan demikian mereka perlu menempuh ujian seribu tahun lagi. Karena Tuhan akan memakai Iblis untuk menguji mereka, Dia tidak akan membuang Iblis ke dalam lautan api pada permulaan Kerajaan Seribu Tahun, melainkan Iblis akan disekap di dalam jurang maut selama seribu tahun. Ketika seribu tahun lewat, Tuhan akan melepaskan Iblis dari jurang maut dan memakai dia untuk menguji bangsa-bangsa yang ada di bumi selama seribu tahun itu. Di sini kita dapat melihat bahwa Iblis masih berguna di tangan Allah untuk membersihkan umat manusia.

Menurut nubuat-nubuat Alkitab, Kerajaan Seribu Tahun terbagi atas dua bagian: bagian yang di atas, surgawi, dan bagian yang di bawah, bumiah. Kerajaan Seribu Tahun yang bagian atas disebut Kerajaan Bapa (Mat. 13:43), dan bagian yang di bawah disebut kerajaan Anak Manusia (Mat. 13:41).

Dalam Kerajaan Seribu Tahun ada tiga golongan orang. Yang pertama adalah orang-orang kudus pemenang, meliputi orang-orang kudus pemenang dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Orang-orang kudus pemenang ini akan meraja bersama Kristus. Karena itu, bagian yang di atas adalah bagian rajani dari Kerajaan Seribu Tahun.

Golongan yang kedua, ada di bagian yang bawah, adalah bangsa Yahudi yang dilindungi dan yang baik, yang akan diselamatkan pada waktu Tuhan datang kembali. Ini adalah sepertiga bagian orang Yahudi yang akan melewati api dan dimurnikan (Za. 13:9). Orang-orang Yahudi yang diselamatkan ini akan masuk ke dalam Kerajaan Seribu Tahun sebagai imam-imam dan akan mengajar bangsa-bangsa untuk mencari Allah dan mengenal Dia. Yesaya 2:2-3 akan tergenapi pada waktu itu. Bangsa-bangsa akan belajar tentang Allah melalui pengajaran orang-orang Yahudi, yang adalah imam-imam. Yesaya 61:6 juga akan digenapi selama Kerajaan Seribu Tahun, ketika bangsa-bangsa mengakui orang-orang Yahudi sebagai imam-imam Allah.


Sumber: Pelajaran-Hayat Wahyu, Buku 4, Berita 56

No comments: