Hitstat

07 November 2012

Efesus - Minggu 7 Rabu


Pembacaan Alkitab: Ef. 1:14; Kis. 20:28


Efesus 1:14 mengatakan bahwa Roh Kudus adalah jaminan warisan kita “sampai kita memperoleh penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.” Penebusan di sini mengacu kepada penebusan tubuh kita (Rm. 8:23), yaitu transfigurasi tubuh kita yang hina menjadi tubuh yang mulia (Flp. 3:21). Roh Kudus hari ini adalah jaminan, pencicipan, dan contoh dari warisan ilahi kita sampai tubuh kita ditransfigurasi dalam kemuliaan. Saat itu kita akan mewarisi Allah sepenuhnya. Berkat-berkat yang Allah limpahkan ke atas kita meliputi semua butir penting, mulai dari pemilihan Allah dalam kekekalan yang lampau (ayat 4) sampai kepada penebusan tubuh kita untuk kekekalan yang akan datang.

Kita, umat tebusan Allah, gereja, adalah milik Allah yang dibeli dengan darah Kristus yang mustika (Kis. 20:28). Dalam ekonomi Allah, Allah menjadi warisan kita, dan kita menjadi warisan Allah. Alangkah ajaib! Kita tidak memberi apa-apa, tetapi mendapatkan segala-galanya! Allah membeli kita dengan harga yang sangat tinggi, tetapi kita mewarisi Allah dengan cuma-cuma. Inilah artinya agar kemuliaan Allah terpuji.

Karena ayat 14 berakhir dengan kata “untuk memuji kemuliaan-Nya”, maka kita perlu melihat hal ini sekali lagi. Di sini adalah untuk kali ketiga frase ini diulangi, dan kali ini merupakan penutup bagian (ayat 3-14) ten-tang berkat-berkat Allah kepada kita. Ayat 3-6 mengungkapkan apa yang direncanakan Allah Bapa bagi kita, yaitu Dia memilih dan menentukan kita untuk menjadi anak-anak bagi kepujian kemuliaan anugerah-Nya. Ayat 7-12 mewahyukan bagaimana Allah Anak menggenapkan segala yang direncanakan Allah Bapa, yaitu Dia menebus kita dan menjadikan kita warisan Allah untuk memuji kemuliaan-Nya. Ayat 13-14 memberi tahu kita bagaimana Allah Roh menerapkan apa yang telah digenapkan Allah Anak ke atas kita, yaitu Dia memeteraikan kita, dan itulah garansi serta pencicipan warisan kita yang kekal dan ilahi, untuk memuji kemuliaan Allah. Kemuliaan Allah Tritunggal patut mendapat pujian rangkap tiga dalam berkat-berkat yang Dia karuniakan kepada kita.

Seperti telah kita tunjukkan, ayat 3-14 merupakan catatan kata-kata indah Allah terhadap kita. Akibat dari kata-kata indah itu ialah segenap perkara yang positif dalam alam semesta akan memuji-muji Allah bagi berkatberkat-Nya yang dilimpahkan ke atas kita, karena kita — anak-anak Allah — akan menjadi warisan Allah. Walaupun kita merasa diri kita rendah, namun kita telah menjadi anak-anak Allah, bahkan warisan dan kenikmatan Allah. Allah telah menjadi warisan kita, dan kita mewarisi Allah sebagai kenikmatan kita. Terakhir, Dia ada di dalam kita, kita di dalam Dia. Di dalam Dia, kita menjadi warisan dan kenikmatan-Nya, dan di dalam kita, Dia menjadi warisan dan kenikmatan kita. Haleluya, atas kata-kata indah Allah Tritunggal terhadap kita! Karena kita memiliki pengurapan, pemeteraian, dan penjaminan, kita telah dipuaskan sepenuhnya. Mendapatkan Allah lebih banyak adalah kedambaan kita satu-satunya dewasa ini.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 1, Berita 13

No comments: