Hitstat

01 November 2012

Efesus - Minggu 6 Kamis


Pembacaan Alkitab: Ef. 1:13-14


Berdasarkan Efesus 1:13-14 penerapan Roh Kudus ada dua aspek: meterai dan jaminan atau dapat saya katakan pemeteraian dan penjaminan. Penerapan Roh Kudus adalah pemeteraian dan penjaminan-Nya. Pada hakekatnya, Roh Kudus itu sendiri adalah meterai dan jaminan. Baik meterai Roh Kudus maupun jaminan Roh Kudus semua mencakup pergerakan dalam batin kita.

Karena itu, meterai sebenarnya berarti pemeteraian, dan jaminan berarti penjaminan. Roh Kudus bukan hanya suatu meterai atas diri kita, kini Ia juga sedang memeteraikan kita. Dia bukan hanya suatu jaminan yang menjamin bahwa kita akan mendapatkan warisan, kini Ia juga menjadi penjaminan dalam kita. Dalam berita ini kita akan melihat pemeteraian Roh Kudus, dan dalam berita berikutnya kita akan melihat penjaminan Roh Kudus.

Tiap meterai mempunyai satu gambar. Jika meterai itu berbentuk kotak, gambarnya pun kotak. Roh Kudus sebagai meterai Allah di atas diri kita mengandung gam-bar Allah. Ini menyiratkan bahwa meterai Roh Kudus ialah ekspresi Allah. Tatkala Anda memiliki Roh Kudus sebagai meterai Allah di atas diri Anda, berarti Anda memiliki gambar Allah dan ekspresi Allah.

Ketika untuk kali pertama saya membaca tentang hal ini dari sebuah buku yang ditulis oleh Saudara Watchman Nee, saya sangat girang. Saya bukan hanya mempunyai meterai yang menunjukkan bahwa Allah adalah pemilik saya, tetapi juga karena meterai inilah, saya memiliki gambar Allah. Namun, kegirangan itu tidak bertahan lama. Setelah lewat sejangka waktu yang pendek, saya menemukan bahwa saya belum benar-benar memiliki gambar Allah. Memang, meterai Roh Kudus sudah ada di atas diri saya, tetapi saya belum memiliki gambar itu. Meterai tinggal meterai, saya tetap saya. Di atas diri saya ada meterai itu, namun saya belum menempuh sua-tu kehidupan yang memiliki meterai.

Kapan saja kita mengetahui suatu kebenaran atau doktrin terpisah dengan pengalaman kita, pada akhirnya kita akan merasa resah karena kekurangan pengalaman kita. Mungkin doktrinnya sangat bagus, tetapi pengalaman kita terlalu sedikit. Hal ini menyebabkan kita gun-dah, sebab apa yang dikatakan Alkitab berlainan dengan pengalaman kita. Apa adanya kita tidak cocok dengan apa yang dikatakan Alkitab. Kalau Alkitab mengatakan kita telah dimeteraikan oleh Roh Kudus, ini berarti kita telah memiliki gambar, ekspresi Allah, tetapi menurut pengalaman kita, kita seolah-olah tidak memiliki meterai atau gambar itu. Saya tidak mau ditipu. Saya merasa gundah bila Alkitab mengatakan demikian, tetapi kehidupan saya sehari-hari mengatakan yang lain. Kemudian saya menemukan rahasianya dalam masalah meterai yang tertera dalam Efesus 1:13-14.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 1, Berita 12

No comments: