Hitstat

07 February 2013

Efesus - Minggu 20 Kamis


Pembacaan Alkitab: Ef. 4:7-12


Anugerah telah diberikan kepada kita masing-masing menurut ukuran karunia Kristus. Setiap anggota tubuh jasmani kita mempunyai ukuran-ukuran tertentu. Sebagai contoh, ukuran telinga itu tertentu; pundak atau bahu kita juga memiliki ukuran tertentu. Kata “ukuran karunia Kristus” ditujukan kepada ukuran dari satu anggota Tubuh Kristus. Setiap anggota memiliki suatu ukuran. Sama seperti darah kita menyuplai anggota-anggota tubuh kita menurut ukuran mereka, maka anugerah juga diberikan kepada tiap anggota menurut ukurannya ma-sing-masing. Walaupun darah dalam bahu lebih banyak daripada yang terdapat dalam telinga, tetapi kualitas darah itu sama. Sama seperti darah sebagai suplai hayat bagi tubuh jasmani kita, demikian pula anugerah adalah suplai hayat bagi anggota-anggota Tubuh Kristus. Terpujilah Tuhan, karena semua orang kudus adalah karunia Kristus yang kepadanya diberikan anugerah.

Karena ayat 9 sampai 10 merupakan sisipan, maka ayat 11 adalah kelanjutan ayat 8. Ayat 11 menerangkan, “Dialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar.” Ayat 12 menjelaskan bahwa orang-orang yang diberikan ini adalah “untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan (itu), bagi pembangunan Tubuh Kristus.” Menurut konstruksi tata bahasanya, ungkapan “pembangunan Tubuh Kristus adalah pekerjaan ministri itu.” Ini menunjukkan bahwa kedua ungkapan ini ditujukan kepada perkara yang sama. Pekerjaan ministri berarti pembangunan Tubuh.

Jadi para rasul, para nabi, para penginjil, para gem­bala dan pengajar memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan ministri itu. Pekerjaan siapakah itu? Pekerjaan orang-orang yang berkarunia yang disebut dalam ayat 11 atau pekerjaan orang kudus? Pekerjaan orang-orang yang memperlengkapi atau pekerjaan orang-orang yang diperlengkapi? Jawabannya ialah pekerjaan orang-orang yang memperlengkapi, juga pekerjaan orang-orang yang diperlengkapi. Jadi pembangunan Tubuh bukan ha­nya pekerjaan para rasul dan orang-orang berkarunia lainnya, tetapi juga pekerjaan semua orang kudus. Saya percaya pekerjaan ministri dalam ayat 12 ini lebih banyak ditujukan kepada pekerjaan orang-orang kudus dan bukan ditujukan kepada pekerjaan para rasul, para nabi, para penginjil, para gembala dan pengajar.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 2, Berita 41

No comments: