Hitstat

20 February 2013

Efesus - Minggu 22 Rabu


Pembacaan Alkitab: Ef. 4:13-14


Dalam ayat 14 Paulus tidak mengatakan angin bidah, melainkan angin pengajaran. Pengajaran apa saja, bahkan yang berdasarkan Alkitab, jika mengalihkan kaum beriman dari Kristus dan gereja, adalah angin yang menghanyutkan kaum beriman dari tujuan inti Allah. Satu Timotius 1:3, 4 mewahyukan adanya beberapa orang pada masa Paulus yang menyampaikan ajaran yang berbeda. Itu tidak berarti mereka mengajarkan bidah, melainkan berarti ajaran-ajaran mereka berlainan dengan ekonomi Perjanjian Baru Allah. Pengajaran mereka bukanlah pengajaran ministri Perjanjian Baru. Dalam Perjanjian Baru ada satu ministri. Ministri ini menyalurkan Allah Tritunggal ke dalam kaum beriman bagi pembangunan gereja. Kita harus waspada terhadap pengajaran atau yang mengaku sebagai ministri yang mengajarkan sesuatu yang berbeda dengan ekonomi Allah, yaitu yang mengajarkan sesuatu yang lain dengan ekonomi Allah bagi pembangunan gereja.

Dalam ayat 14 Paulus mengatakan tentang “permainan palsu manusia”. Istilah ini dalam bahasa Yunani mengacu kepada penipuan yang dilakukan oleh pemain-pemain dadu. Pengajaran-pengajaran yang menjadi rupa-rupa angin menghanyutkan kaum beriman dari garis inti Kristus dan gereja adalah tipuan yang didalangi oleh Iblis dalam kelicikannya, dengan permainan palsu manusia, untuk menggagalkan tujuan kekal Allah, yakni membangun Tubuh Kristus. Tidak peduli bagaimana baiknya suatu pengajaran, bila ia menyelewengkan kita dari Kristus dan gereja, itu adalah suatu permainan palsu manusia. Per­mainan palsu manusia itu bahkan lebih buruk daripada penipuan, sebab ia tidak saja palsu, ia juga mengandung rencana jahat. Sekalipun suatu doktrin itu Alkitabiah, doktrin itu dapat juga diperalat menjadi rencana jahat yang sedemikian.

Terakhir Paulus berkata, “dengan suatu sistem yang menyesatkan” (Tl.). Pengajaran yang memecah-belah itu disusun dan disistemkan oleh Iblis untuk menyebabkan kekeliruan yang serius, dan dengan ini menghancurkan kesatuan kehidupan Tubuh yang praktis. Permainan palsu berasal dari manusia, tetapi sistem yang menyesatkan berasal dari Iblis. Kita telah nampak bahwa ekonomi Allah ialah menyalurkan Allah Tritunggal ke dalam kita demi pembangunan Tubuh Kristus. Iblis membenci hal ini. Karena itu, ia memperalat ajaran, konsepsi, doktrin, dan opini dengan kelicikan sebagai bagian dari rencana jahatnya untuk menyesatkan orang, dan akhirnya menjerumuskan mereka ke dalam suatu sistem yang menyesatkan itu. Alangkah jahatnya! Semoga Tuhan menyingkapkan tipu muslihat musuh agar kita dapat mengetahui sistem yang menyesatkan itu yang berkaitan dengan ajaran-ajaran palsu yang dirancangnya untuk menyelewengkan orang-orang kudus dari Kristus dan hidup gereja.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 2, Berita 44

No comments: