Hitstat

23 February 2013

Efesus - Minggu 22 Sabtu


Pembacaan Alkitab: Ef. 4:14-16


Ayat 16 menunjukkan bahwa pertumbuhan bukan untuk perseorangan, melainkan untuk Tubuh. Pertumbuhan mana pun yang bukan untuk Tubuh, bukanlah yang sejati. Kata “tiap-tiap anggota” mengacu kepada setiap anggota Tubuh. Setiap anggota Tubuh Kristus memiliki kadarnya masing-masing, dan kadar ini bekerja untuk pertumbuhan Tubuh. Tubuhlah yang mempertumbuhkan dirinya sendiri melalui sendi-sendi suplai dan bagian-bagian yang berfungsi. Baik sendi-sendi suplai dan setiap bagian tunggal berikut kadarnya diperlukan gereja untuk membangun dirinya sendiri. Pertumbuhan Tubuh Kristus adalah pertambahan Kristus dalam gereja, yang menghasilkan pembangunan oleh Tubuh itu sendiri.

Dalam ayat ini Paulus membicarakan “setiap sendi suplai yang kaya” (Tl.). Ini ditujukan kepada orang-orang yang berkarunia khusus, seperti yang disebut dalam ayat 11. Dalam bahasa Yunani, di muka kata “suplai” terdapat kata sandang yang merupakan penekanan. Itu menunjukkan bahwa suplai di sini adalah suplai yang khusus, yaitu suplai Kristus. Sebagai orang-orang yang memimpin, para rasul, nabi, penginjil, gembala dan pengajar memiliki suplai yang khusus ini. Ya, kita semua dapat menjadi utusan-utusan hari ini. Namun demikian, di antara orang-orang kudus ada orang-orang yang mempunyai suplai khusus ini, dan suplai ini tidak dimiliki semua orang.

Kalau kita membaca ayat 16 dengan cermat, kita akan nampak bahwa ayat ini mengatakan seluruh Tubuhlah yang mempertumbuhkan Tubuh itu. Ini berarti Tubuh bertumbuh oleh Tubuh itu sendiri; Tubuh mempertumbuhkan Tubuh. Gereja-gereja yang mengundang orang-orang tertentu untuk menyampaikan firman Tuhan kepada mereka itu tidak salah, tetapi gereja lokal bukan dibangun dengan cara demikian. Sebuah gereja lokal harus bertumbuh oleh gereja itu sendiri. Misalnya, gereja di Anaheim yang mempertumbuhkan gereja di Anaheim. Sekalipun sebuah gereja sangat kecil, ia harus bertumbuh oleh dirinya sendiri. Kalau Anda tidak dapat mempertumbuhkan gereja di lokal Anda, tidak seharusnya Anda menjadi gereja di tempat itu. Janganlah mengharapkan kunjungan saudara-saudara untuk meng­ambil bagian dalam ministri firman guna mempertumbuhkan gereja di lokal Anda.

Ayat 16 mengatakan tentang pertumbuhan Tubuh kepada pembangunan dirinya sendiri dalam kasih. Ini menunjukkan bahwa gereja lokal harus membangun dirinya sendiri dalam kasih melalui tiap-tiap sendi suplai sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota. Orang-orang yang mempunyai suplai khusus tidak saja dalam keseluruhan Tubuh, tetapi juga dalam gereja-gereja lokal, yang adalah ekspresi satu Tubuh yang riil. Sekalipun jumlah orang kudus di sebuah gereja sangat sedikit, mungkin hanya lima belas orang, tetapi di situ tetap ada orang-orang yang mempunyai suplai khusus. Hal ini harus menjadi suatu dorongan bagi tiap gereja lokal. Melalui suplai khusus para pemuka dan melalui pekerjaan setiap anggota, gereja akan mempertumbuhkan dirinya sendiri di dalam kasih. Dengan demikianlah, kita akan nampak pertumbuhan anggota untuk pembangunan Tubuh Kristus.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 2, Berita 45

No comments: