Hitstat

29 May 2013

Efesus - Minggu 36 Rabu


Pembacaan Alkitab: Ef. 4:7


Dalam Efesus 4:7 Paulus berkata, “Tetapi kepada kita masing-masing telah diberikan anugerah menurut ukuran pemberian (karunia) Kristus”. Karena setiap anggota telah menerima anugerah, maka setiap anggota adalah satu karunia kepada Tubuh Kristus. Tidak peduli betapa tidak berartinya kita, kita semua adalah orang yang memiliki karunia. Karena kita semua memiliki karunia, kita semua harus berfungsi di dalam sidang.!

Dalam Efesus 4:12 Paulus selanjutnya membicarakan hal memperlengkapi kaum saleh. Kata “memperlengkapi” dalam bahasa aslinya berarti “disempurnakan”. Sebagai orang yang telah dianugerahi karunia, kita saling menyempurnakan atau memperlengkapi dengan karunia kita. Bila kita berfungsi, kita akan membantu orang lain untuk disempurnakan.
Sebagai hasil dari disempurnakan, kita bertumbuh ke dalam Kristus (4:15-16). Kita saling menyempurnakan melalui saling membantu untuk bertumbuh dalam hayat. Menyempurnakan kaum saleh berarti memberi makan atau merawat mereka.

Menurut Efesus 4:16, Tubuh itu rapi tersusun. Hal ini untuk pembangunan. Berapa banyaknya kita telah tersusun bersama orang lain, tergantung pada penyempurnaan dan pertumbuhan kita. Melalui perawatan kita bertumbuh, dan melalui pertumbuhan kita disusun bersama kaum saleh.
Lagi pula, dalam Efesus 4:16 kita nampak bahwa kita diikat menjadi satu. Hal ini erat hubungannya dengan masalah tersusun. Tetapi, ini menekankan aspek dilekatkan. Kita harus dilekatkan kepada satu sama lain. Ketika kita disusun dan diikat menjadi satu, kita akan terbangun. Begitu kita dibangun dalam hidup gereja, sangat sukarlah kita meninggalkan gereja. Mereka yang sudah dibangun ke dalam gereja tidak dapat ditarik atau didorong ke luar.

Menurut Efesus 5:26, Kristus sedang menguduskan gereja. Dikuduskan berarti ada sifat ilahi yang digarapkan ke dalam sifat insani. Ketika unsur Allah digarapkan ke dalam diri kita, kita akan benar-benar dikuduskan.

Dalam Efesus 5:26 kita nampak Kristus sedang membersihkan gereja melalui membasuhnya dengan air dalam firman. Pembasuhan demikian akan membersihkan kita dari kerut yang disebabkan oleh keusangan dan dari cacat yang diakibatkan oleh luka-luka. Pembersihan ini adalah suatu pembersihan metabolis, suatu pembersihan yang di dalamnya menambahkan unsur baru untuk menggantikan unsur lama yang akan dibuang.

Dalam Efesus 5:29 Paulus menunjukkan bahwa Kristus juga sedang merawat dan memelihara gereja. Ketika kita dipelihara oleh Kristus, kita beroleh kehangatan, kelembutan, dan kenyamanan, sama seperti seorang anak merasa nyaman karena pelukan ibunya yang penuh kasih.

Terakhir, menurut Efesus 6:11 dan 13, kita perlu dipersenjatai. Hal ini berarti kita mengenakan senjata Allah, agar dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis. Dipersenjatai berarti mengenakan perlengkapan senjata untuk berperang. Ketika kita dipersenjatai dengan seluruh persenjataan Allah, kita akan menjadi laskar Allah yang berperang bagi kehendak Allah dan bagi kerajaan-Nya.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 3, Berita 72

No comments: