Hitstat

08 May 2014

Kolose - Minggu 6 Kamis



Pembacaan Alkitab: Kol. 1:24; 1 Ptr. 3:18; Yoh. 12:24


Dalam Kolose 1:24 Paulus berkata, “Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam tubuhku apa yang kurang pada penderitaan Kristus, untuk tubuh-Nya, yaitu jemaat.” Kali pertama saya membaca ayat ini, saya merasa heran dan sulit. Saya heran bagaimana bisa ada kekurangan dalam penderitaan Kristus. Pada waktu itu, saya sepenuhnya berada di bawah konsepsi agama yang mengira mustahil Kristus kekurangan sesuatu. Namun, dalam ayat ini Paulus mengatakan dengan jelas bahwa dia akan “menggenapkan apa yang kurang pada penderitaan Kristus”.

Bukankah penderitaan Kristus telah genap? Bagaimana penderitaan Kristus untuk Tubuh itu perlu digenapkan? Tuhan Yesus mengalami dua macam penderitaan: penderitaan bagi penebusan dan penderitaan untuk menghasilkan dan membangun Tubuh, yaitu gereja. Tidak seorang pun di antara kita dapat mengambil bagian dalam penderitaan-Nya bagi penebusan. Mengatakan bahwa kita dapat berbagian dalam penderitaan ini berarti menghujat Tuhan. Dia adalah Sang Penebus, dan penderitaan untuk penebusan sepenuhnya digenapkan oleh-Nya. Kita tidak layak dan tidak memiliki kedudukan mengambil bagian dalam penderitaan Tuhan untuk penebusan. Dalam perlambangan, pada hari penebusan hanya imam besar yang melakukan penebusan dosa untuk umat yang diizinkan memasuki tempat maha kudus. Imam besar merupakan gambar Kristus sebagai satu-satunya persona yang dapat menggenapkan penebusan dan layak melakukannya.

Walaupun kita tidak dapat berbagian dalam penderitaan Kristus untuk penebusan, jika kita setia kepada-Nya, seharusnyalah kita mengambil bagian dalam penderitaan-Nya untuk menghasilkan dan membangun Tubuh-Nya. Paulus adalah teladan bagi kita dalam hal ini. Segera setelah dia bertobat, dia mulai mengambil bagian dalam penderitaan Kristus, mengambil bagian dalam penderitaan Kristus untuk Tubuh-Nya.

Sudah tentu Kristus memelopori menderita untuk menghasilkan dan membangun Tubuh-Nya. Tetapi para rasul dan kaum beriman harus mengikuti jejak Kristus dalam penderitaan ini. Dalam Yohanes 12:24 Tuhan Yesus berkata, “Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Jika biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.” Ayat ini tidak membicarakan kematian Kristus untuk penebusan, tetapi membicarakan kematian-Nya yang menghasilkan buah dan melahirkan. Kristus telah jatuh ke dalam tanah dan mati sebagai satu butir biji gandum untuk menghasilkan banyak butir gandum bagi gereja. Menurut Yohanes 12:26, orang-orang yang ingin melayani Dia harus mengikuti Dia dalam hal ini.

Dalam Filipi 3:10 Paulus mengatakan tentang mengenal persekutuan dalam penderitaan-Nya. Penderitaan-penderitaan ini bukan untuk penebusan, melainkan untuk pembangunan Tubuh. Kita tidak dapat memiliki persekutuan dalam penderitaan Kristus untuk penebusan, tetapi kita perlu memiliki banyak persekutuan dalam penderitaan Kristus untuk gereja.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kolose, Buku 1, Berita 12

No comments: