Hitstat

28 May 2014

Kolose - Minggu 9 Rabu



Pembacaan Alkitab: Kol. 1:28-29; Ef. 3:20


Sekarang kita dapat memahami mengapa Paulus bergumul bagi terhiburnya hati orang-orang Kolose. Dia tahu bahwa inilah satu-satunya cara kaum saleh dapat memiliki keyakinan yang penuh akan pengertian. Karena hati kita telah diasuh dan terjalin bersama, maka kita di dalam pemulihan Tuhan memiliki kepastian atau jaminan yang sedemikian. Kepastian ini memberi kita pengetahuan penuh tentang Kristus sebagai rahasia Allah. Semoga Tuhan mengasuh hati kita setiap hari agar kita boleh memiliki suatu hidup gereja yang sehat! Bila hati kita gembira, semua saudara dan saudari kelihatannya indah. Tetapi bila hati kita tidak gembira, keadaannya akan berkebalikan. Betapa pentingnya hati kita diasuh oleh Tuhan!

Setelah hati mereka terhibur barulah orang-orang Kolose dapat menerima wahyu tentang Kristus. Karena begitu pentingnya masalah ini, maka kitab ini lebih menekankan hati daripada roh. Kita tidak dapat mempersembahkan tiap-tiap orang dewasa penuh dalam Kristus kecuali hati orang-orang itu terhibur. Jika hati mereka tidak pernah diasuh, mereka tidak dapat menerima apa-apa yang kita suplaikan kepada mereka tentang Kristus. Sebab itu, langkah pertama dalam mempersembahkan tiap-tiap orang dewasa penuh dalam Kristus ialah menghibur hati mereka kepada segala kekayaan keyakinan yang penuh akan pengertian. Terutama para pemimpin harus mohon anugerah dari Tuhan agar dapat menghibur semua hati yang menyimpang, yang tidak puas, dan yang kecewa. Bila hati kaum saleh telah terhibur, mudahlah kita menyuplaikan kekayaan Kristus kepada mereka. Tetapi jika hati kaum saleh mempunyai problem, pikiran mereka akan terganggu. Maka, satu-satunya cara untuk mengatasi problem dalam pikiran ialah mengarahkan hati itu melalui pengasuhan Tuhan. Ini adalah satu pelajaran yang sangat penting untuk kita pelajari.

Dalam 1:29 Paulus mengatakan bahwa dia bergumul menurut operasi Kristus di dalam dia. Pergumulan ini adalah jerih lelahnya untuk mempersembahkan tiap-tiap orang dewasa penuh dalam Kristus. Dia berusaha keras melakukan hal ini melalui memberitakan Kristus, dengan memperingatkan dan mengajar setiap orang dengan segala hikmat.

Setiap orang yang telah beroleh selamat setidak-tidaknya memiliki pengalaman tentang operasi Kristus. Beroleh selamat tidak hanya sekadar beroleh pengampunan dosa dan dibenarkan Allah, tetapi juga beroleh Kristus yang disalurkan ke dalam kita. Kristus yang diam di dalam kita itu juga beroperasi di dalam kita. Seperti yang telah kita tunjukkan, operasi-Nya menjadi suatu “operasi” yang beroperasi di dalam kita. Pergumulan Paulus bagi kaum saleh adalah menurut “operasi” ini.

Operasi Kristus beroperasi dengan kuat. Paulus menyebut kuat kuasa ini dalam Efesus 3:7 dan 20. Dalam Efesus 3:7 dia mengatakan tentang “pengerjaan kuasa-Nya”, dan dalam Efesus 3:20, “kuasa yang bekerja di dalam kita”. Kuat kuasa ini adalah kuat kuasa hayat kebangkitan (Flp. 3:10) yang berada di batin kaum beriman (Ef. 1:19). Inilah kuat kuasa yang beroperasi di dalam Kristus untuk membangkitkan Dia dari antara orang mati, mendudukkan Dia di sebelah kanan Allah di surga, dan menaklukkan segala sesuatu di bawah kaki-Nya (Ef. 1:20-22). Jadi, kuat kuasa ini adalah kuat kuasa yang membangkitkan, kuat kuasa yang mengungguli, dan kuat kuasa yang menaklukkan. Menurut operasi Kristus dengan kuat kuasa yang sedemikianlah kita dapat bergumul untuk mempersembahkan tiap-tiap orang dewasa penuh dalam Kristus.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kolose, Buku 1, Berita 17

No comments: