Hitstat

07 May 2014

Kolose - Minggu 6 Rabu



Pembacaan Alkitab: Kol. 1:24-26


Sebelum zaman Paulus, wahyu ilahi ini belum lengkap. Sebelum Paulus keluar menunaikan pelayanannya, wahyu Allah sudah diberikan dalam Perjanjian Lama. Selain itu, Allah telah mewahyukan diri-Nya sendiri melalui peristiwaperistiwa yang tercatat dalam Kitab-kitab Injil dan sebagian Kitab Kisah Para Rasul. Namun, Paulus perlu menulis sejumlah Surat Kiriman tentang Kristus sebagai rahasia Allah dan gereja sebagai rahasia Kristus agar wahyu ilahi ini menjadi lengkap. Kelengkapan wahyu ilahi ini khususnya tertampak dalam keempat Surat Kirimannya: Galatia, Efesus, Filipi, dan Kolose.

Walaupun wahyu ilahi telah lengkap melalui para rasul, khususnya melalui Paulus, tetapi dalam pelaksanaannya wahyu itu juga perlu dilengkapkan melalui kita hari ini. Ini berarti ketika kita berkontak dengan orang, kita harus memberitakan firman ini dengan penuh secara progresif, terus-menerus, dan bertahap. Memberitakan firman dengan penuh, atau memberitakan firman dengan lengkap berarti melengkapkan firman. Di antara begitu banyak orang Kristen hari ini, benar-benar ada satu keperluan yang besar untuk melengkapkan firman. Belakangan ini, sebuah majalah mengumumkan bahwa di Amerika Serikat terdapat lima puluh juta orang Kristen yang telah dilahirkan kembali. Berapa banyak di antara mereka yang mengetahui kehendak Allah dalam menyelamatkan mereka? Sangatlah sedikit. Di kalangan kekristenan, firman Allah telah diberitakan, tetapi tidak lengkap. Pengkhotbahan dalam kekristenan hari ini belum melengkapkan firman Allah. Karena itu, ada suatu keperluan yang mendesak bagi kelengkapan firman Allah.

Kita telah menunjukkan bahwa firman Allah yang perlu dilengkapkan adalah rahasia yang dikatakan dalam Kolose 1:26. Banyak orang Kristen memberitakan firman Allah, tetapi sedikit sekali yang memberi tahu orang apa itu rahasia Allah. Firman Allah yang diberitakan dalam Injil yang lengkap tidak berkaitan dengan terlepas dari neraka dan masuk ke surga; tidak pula berkaitan dengan damai sejahtera, sukacita, dan kehidupan yang senang. Firman yang perlu dilengkapkan ialah “rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan”. Rahasia ini telah tertutup, tersembunyi. Jika tidak tersembunyi, ia tidak lagi menjadi satu rahasia. Rahasia yang tertutup dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan inilah firman Allah yang sekarang harus dilengkapkan melalui pemberitaan kaum saleh. Rahasia yang tertutup ini, yang telah dinyatakan kepada kaum saleh Allah, ialah “Kristus di dalam kamu, pengharapan akan kemuliaan” (ayat 27 Tl.). Walaupun saya telah mendengar Injil bertahun-tahun, saya jarang sekali mendengar satu berita yang mengatakan ketika seseorang percaya kepada Yesus Kristus, Kristus tidak hanya akan menyelamatkan dia, tetapi juga masuk ke dalam rohnya dan tinggal di sana sebagai hayatnya. Kebanyakan pengkhotbahan dalam kalangan agama Kristen hari ini tidak seperti ini. Karena itu, kita perlu melengkapkan firman Allah.

Dalam pemulihan Tuhan, kita perlu lebih banyak pengurus yang dapat melengkapkan firman Allah. Kita harus mengemban beban ini. Kita perlu menggunakan lebih banyak waktu dalam hadirat Tuhan agar Dia boleh menjadi bagian kita untuk kita nikmati, dan kita boleh menjadi kekayaan Kristus untuk dilayankan kepada orang lain. Dengan cara inilah kita akan menjadi orang-orang yang melengkapkan firman Allah. Kemudian, melalui pelayanan atau ministri kita, kaum beriman lainnya akan dirawat, diperkuat, diteguhkan, dan dibangun.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kolose, Buku 1, Berita 11

No comments: