21 April 2017

Wahyu - Minggu 11 Jumat



Pembacaan Alkitab: Why. 3:10; 7:1-9
Doa baca: Why. 3:10
Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang tinggal di bumi.


Meskipun saya mengasihi bangsa Israel, namun saya juga menyesali mereka, karena menurut nubuat dan situasi mereka sekarang ini, mereka telah kembali ke tanah nenek moyang mereka dalam keadaan tidak percaya. Mereka masih berpegang teguh kepada agama usang mereka, dan tidak mau percaya kepada Allah sesuai dengan ekonomi perjanjian baru-Nya. Namun, Allah berdaulat dan Ia akan senantiasa memelihara bangsa Israel, bukan untuk kepentingan mereka, melainkan untuk ekonomi-Nya. Ia tahu bahwa di antara orang-orang Yahudi yang tidak percaya, ada sebagian orang yang setia, dan sebelum Ia menghakimi bumi dengan malapetaka yang adikodrati, Ia akan memeteraikan mereka.

Sangkakala pertama merusakkan bumi dan pepohonan (8:7), sangkakala kedua merusakkan laut (8:8-9), sangkakala ketiga merusak sungai-sungai (8:10-11), dan sangkakala keempat merusakkan benda-benda langit (8:12). Sebelum keempat sangkakala pertama ini dilaksanakan, Allah akan memeteraikan orang-orang Israel pilihan-Nya dan melindungi mereka dari malapetaka yang adikodrati yang ditimbulkan oleh keempat sangkakala itu.

Dalam 7:4-8 kita nampak Allah memeteraikan seratus empat puluh empat ribu orang "dari semua suku keturunan Israel", dari setiap suku dimeteraikan dua belas ribu orang. Mereka adalah orang-orang Israel yang memelihara perintah Allah selama kesusahan besar (12:17; 14:12). Seluruhnya, seratus empat puluh empat ribu orang Israel yang setia akan diberi meterai pada dahi mereka. Saya tidak tahu meterai apakah itu, tetapi meterai itu akan menjadi tanda pengenal terhadap malaikat-malaikat yang diutus untuk menghakimi bumi. Itulah cara Allah melindungi umat Israel pilihan-Nya, ketika Ia melaksanakan penghakiman-Nya atas bumi.

Di samping sisa orang Israel terpilih, Allah masih mempunyai umat lainnya -- umat tebusan di dalam gereja (7:9-17). Orang-orang Kristen adalah umat Allah yang surgawi. Cara Allah melindungi kaum saleh tebusan-Nya bukan dengan menaruh mereka di bumi, melainkan dengan cara mengangkat mereka. Pengangkatan ini bukan hanya terjadi sekali atau hanya satu macam saja. Sekurang-kurangnya terdapat dua atau tiga macam pengangkatan. Terakhir, seluruh kaum saleh tebusan di dalam gereja akan diangkat dari bumi. Sisipan dalam visi ini menyinggung perihal gereja, memberi kita suatu pandangan yang menyeluruh dari saat pengangkatan hingga kekekalan. Dengan kata lain, Wahyu 7 berakhir dengan kekekalan. Dalam kekekalan, seluruh gereja akan berada di bawah pemeliharaan Allah dan penggembalaan Anak Domba.

Pengangkatan Allah terhadap kaum saleh tebusan-Nya akan dimulai dengan pemenang awal, yang terdiri dari anak laki-laki dalam 12:5 dan buah sulung dalam 14:1-6. Hal ini akan terjadi sebelum meterai keenam, karena meterai keenam merupakan awal malapetaka yang adikodrati yang dilaksanakan oleh Allah sebagai "pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang tinggal di bumi" (3:10). Pengangkatan Allah terhadap kaum saleh tebusan-Nya akan dilanjutkan dengan dua saksi dalam 11:12, para pemenang akhir dalam 15:12, dan tuaian dalam 14:14-16, hingga seluruh kaum saleh diangkat untuk berbagian dalam pemeliharaan Allah dan penggembalaan Anak Domba sampai kekal.


Sumber: Pelajaran-Hayat Wahyu, Buku 2, Berita 21

No comments: