20 May 2017

Wahyu - Minggu 15 Sabtu



Pembacaan Alkitab: Luk. 21:36
Doa baca: Luk. 21:36
Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.


Aspek lain terhadap perlunya pengangkatan para pemenang adalah karena pencobaan segera datang atas seluruh bumi (Why. 3:10). Pencobaan ini akan menjadi kesusahan besar, terdiri dari tiga celaka dari ketiga sangkakala terakhir, mungkin disertai dengan malapetaka adikodrati dari meterai keenam dan keempat sangkakala yang pertama. Berbagai celaka dan malapetaka ini merupakan pencobaan yang paling dahsyat bagi penduduk bumi. Agar terhindar dari pencobaan ini, kita perlu diangkat sebelum segala malapetaka itu tiba.

Setelah naga besar, Iblis, dilemparkan ke atas bumi, ia akan marah kepada perempuan itu dan memerangi keturunannya yang lain (12:17). Perempuan dalam pasal 12 adalah umat Allah secara keseluruhan, meliputi gereja dan bani Israel. Anak-anaknya terdiri atas dua kategori: orang yang melakukan hukum Taurat dan orang yang memiliki kesaksian Yesus. Seratus empat puluh empat ribu orang yang merupakan sisa dari umat Israel pilihan akan setia kepada hukum Taurat, sedang kaum tebusan, kaum beriman, akan setia kepada kesaksian Yesus. Naga besar, yang akan marah kepada perempuan ini, akan memerangi keturunannya yang lain, yaitu memerangi bangsa Yahudi yang melakukan hukum Taurat dan umat Kristen yang mempunyai kesaksian Yesus. Karena itu, pengangkatan yang lebih awal diperlukan untuk hal ini.

Karena segala perkara yang mengerikan dan menakutkan ini akan datang, maka kita perlu diangkat. Kita bukan menantikan terjadinya segala peristiwa yang sangat menakutkan itu. Kita menantikan Tuhan mengangkat kita sebelum segala peristiwa itu terjadi. Jadi, sudahlah pasti diperlukan pengangkatan bagi para pemenang.

Sekarang sampailah kita kepada janji-janji yang bersangkut-paut dengan pengangkatan para pemenang. Lukas 21:36 mengatakan, "Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia." Dalam bahasa aslinya ungkapan "beroleh kekuatan" mempunyai dua makna, yaitu "dikuatkan dengan sepenuhnya" atau "terhitung layak". Ketika kita beroleh kekuatan dengan sepenuhnya, maka kita terhitung layak. Kita harus beroleh kekuatan sepenuhnya agar kita bisa luput dari jerat itu dan tahan berdiri di hadapan Anak Manusia. Sebelum Tuhan datang kembali, Ia adalah Anak Manusia, berada di langit tingkat ketiga. Lukas 21:36 mewahyukan bahwa para pemenang akan berdiri di hadapan Anak Manusia. Ini berarti mereka akan diangkat ke hadapan Tuhan di surga. Sementara jerat itu hampir mendekati kita, kita harus dikuatkan sepenuhnya untuk luput darinya. Jika Anda paham tentang menjala ikan, Anda akan tahu bahwa ada ikan-ikan yang lebih kuat mampu meloloskan diri dari jala. Demikian juga, para pemenang akan beroleh kekuatan untuk melarikan diri dari jerat dan berdiri di hadapan Tuhan di surga. Inilah janji pengangkatan sebelum kesusahan besar.

Janji lainnya tentang pengangkatan ini kita temukan dalam Wahyu 3:10, "Karena engkau menuruti firman ketekunan-Ku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang tinggal di bumi" (Tl.). Menurut ayat ini, para pemenang tidak hanya dilindungi dari pencobaan, tetapi juga dilepaskan dari hari pencobaan, dan itu berarti mereka akan diangkat sebelum kesusahan besar. Karena itu, pengangkatan para pemenang akan mendahului kesusahan besar.


Sumber: Pelajaran-Hayat Wahyu, Buku 2, Berita 29

No comments: