Hitstat

24 May 2017

Wahyu - Minggu 16 Rabu



Pembacaan Alkitab: Why. 14:15
Doa baca: Why. 14:15
Seorang malaikat lain keluar dari Bait Suci; dan ia berseru dengan suara nyaring kepada Dia yang duduk di atas awan itu, “Ayunkanlah sabit-Mu itu dan tuailah, karena sudah tiba saatnya untuk menuai; sebab tuaian di bumi sudah masak.”


Keterangkatan mayoritas kaum beriman akan terjadi pada sangkakala terakhir, yaitu sangkakala ketujuh, menjelang akhir kesusahan besar (1 Kor. 15:52; 1 Tes. 4:16; Why. 10:7; 11:14-15).

Pengangkatan terhadap mayoritas kaum beriman akan terjadi setelah manusia durhaka, Antikristus, dinyatakan (2 Tes. 2:1-4). Dua Tesalonika 2 memberi kita dasar yang kuat untuk mengatakan bahwa keterangkatan mayoritas kaum beriman akan terjadi pada akhir kesusahan besar. Potongan firman ini dengan tegas mengatakan sebelum kaum saleh diangkat, manusia durhaka, Antikristus, akan dinyatakan dan ia akan duduk di Bait Allah, "mau menyatakan diri sebagai Allah" (2 Tes. 2:4). Penyembahan berhala ini akan terjadi sebelum keterangkatan mayoritas kaum beriman.

Keterangkatan mayoritas kaum beriman akan terjadi setelah binatang itu, Antikristus, memaksa orang banyak menyembah dia dan patungnya pada masa kesusahan besar (14:9-16). Hal ini dengan jelas diwahyukan dalam Wahyu 14.

Keterangkatan ini juga akan terjadi setelah Iblis, naga besar itu, memerangi umat Allah lainnya pada masa kesusahan besar (12:17, 14, 5). Hal ini akan terjadi setelah keterangkatan anak laki-laki. Menurut Wahyu 12, anak laki-laki akan dilarikan ke takhta Allah pada awal tiga setengah tahun yang terakhir. Kira-kira tiga setengah tahun kemudian, mayoritas keturunan perempuan itu akan diangkat. Ini berarti setelah anak laki-laki diangkat, keturunan lainnya dari perempuan itu akan mengalami aniaya dari Iblis. Karena itu, mayoritas kaum beriman masih tinggal di bumi dan akan diangkat pada akhir kesusahan besar.

Pengangkatan mayoritas kaum beriman akan terjadi pada "akhir zaman" (Mat. 13:39). Akhir zaman adalah akhir dari kesusahan besar. Menurut Matius 13:39, saat itu merupakan saat penuaian. Kristus datang untuk menaburkan benih di ladang agar menghasilkan tuaian bagi Allah. Tuaian ini akan dituai pada akhir zaman ini. Akhir zaman ini adalah ketiga setengah tahun yang terakhir itu.

Sekarang kita sampai ke tempat tujuan keterangkatan mayoritas kaum beriman. Satu Tesalonika 4:17 mewahyukan bahwa tempat itu adalah "di angkasa", dan Wahyu 14:14-16 menyatakan "di atas awan". Pada saat itu, Kristus tidak lagi mengenakan selubung awan-awan, melainkan akan duduk di atas awan-awan di angkasa.

Diangkatnya mayoritas kaum beriman adalah karena tuaian itu telah masak (Why. 14:15). Jadi, kematangan merupakan syarat bagi keterangkatan mayoritas kaum beriman.

Di samping kedua macam keterangkatan ini, keterangkatan para pemenang dan keterangkatan mayoritas kaum beriman, masih ada dua jenis lainnya: keterangkatan dua orang saksi (11:12) dan keterangkatan kaum saleh yang akan mengalahkan binatang itu, patungnya, dan bilangan namanya (15:2).


Sumber: Pelajaran-Hayat Wahyu, Buku 2, Berita 30

No comments: