Hitstat

28 June 2017

Wahyu - Minggu 21 Rabu



Pembacaan Alkitab: Dan. 8:10-12, 23-25
Doa baca: Dan. 8:25
Dan oleh karena akalnya, penipuan yang dilakukannya akan berhasil; ia akan membesarkan dirinya dalam hatinya, dan dengan tak disangka-sangka banyak orang akan dibinasakannya; juga ia akan bangkit melawan Raja segala raja. Tetapi tanpa perbuatan tangan manusia, ia akan dihancurkan.


Si tanduk kecil tidak hanya tumbuh besar ke arah selatan, timur, dan ke arah tanah permai, tetapi juga sampai kepada bala tentara langit. Betapa congkaknya dia! Kita semua tahu bahwa manusia telah sukses mendarat di bulan. Teknologi ruang angkasa ini memungkinkan Antikristus melakukan sesuatu yang melibatkan benda-benda langit, termasuk planet dan bintang-bintang. Antikristus akan menjadi sangat angkuh, termasyhur, congkak, serta memberanikan diri menjamah bala tentara langit. Daniel 8:10 juga menyebutkan bahwa si tanduk kecil, menjatuhkan beberapa dari bala tentara langit dan bintang-bintang ke bumi, dan diinjak-injaknya. Bukan main orang itu! Perkembangan dalam bidang ilmiah akan memungkinkan Antikristus menjatuhkan bala tentara langit. Karena itu ia sangat menyombongkan dirinya karena ia berani melakukan hal itu.

Si tanduk kecil juga akan mengambil kurban persembahan sehari-hari (ayat 11). Berarti, ia akan menghentikan penyembahan kepada Allah yang biasa dilakukan oleh orang-orang Yahudi. Kita telah melihat bahwa Antikristus akan mengubah hari-hari raya dan hukum-hukum bangsa Yahudi. Sekarang, di sini kita melihat ia akan menghentikan kurban persembahan yang biasa dipersembahkan setiap hari. Kurban persembahan yang biasa dilakukan akan mengalami pencobaan dikarenakan campur tangan Antikristus (ay. 12). Pencobaan ini timbul disebabkan oleh pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh orang-orang Yahudi. Orang-orang Yahudi yang telah kembali ke negeri nenek moyang mereka itu berada dalam keadaan yang sangat miskin, penuh dengan dosa dan pelanggaran. Kondisi ini terus berlangsung sampai saat tibanya Antikristus. Meskipun orang-orang Yahudi menyembah Allah demi mempersembahkan kurban kepada-Nya, namun mereka masih tetap penuh dosa. Karena itu, Allah muak dengan kurban persembahan mereka, dan karena pelanggaran mereka, Ia akan membiarkan Antikristus menghentikan kurban persembahan mereka.

Antikristus, si tanduk kecil, juga akan merobohkan tempat kudus Panglima bala tentara langit (Dan. 8:11). Ini menyatakan bahwa ia akan memusnahkan Bait Allah. Hal ini juga menyiratkan bahwa Bait itu akan dibangun kembali. Jika Antikristus muncul hari ini, tentu belum ada Bait yang akan dirobohkannya. Saya yakin Bait itu akan dibangun kembali dalam waktu yang tidak lama lagi. Segera setelah itu, Antikristus akan muncul dan kemudian merobohkannya sekali lagi.

Daniel 8:12 juga menunjukkan bahwa Antikristus akan menghempaskan kebenaran ke bumi. Ini berarti pada diri Antikristus tidak ada kebenaran. Ia akan menghapuskan dan merobohkan setiap kebenaran. Suasana dunia hari ini juga demikian. Bila kita memperhatikan hubungan internasional, sedikit sekali kebenaran. Dengan ditiadakannya semua kebenaran, Antikristus akan bertindak dengan sangat ekstrem.

Semua butir ini memberi kita suatu gambaran yang lengkap atas diri Antikristus, sebagai tanduk kecil dalam Daniel 8. Ingatlah, Antikristus pertama-tama adalah binatang keempat dalam Daniel 7 dan kemudian adalah tanduk kecil dalam Daniel 8.


Sumber: Pelajaran-Hayat Wahyu, Buku 3, Berita 40

No comments: