Hitstat

27 June 2017

Wahyu - Minggu 21 Selasa



Pembacaan Alkitab: Dan. 7:7, 19-26; 8:8-9
Doa baca: Dan. 8:9
Maka dari salah satu tanduk itu muncul suatu tanduk kecil, yang menjadi sangat besar ke arah selatan, ke arah timur dan ke arah Tanah Permai.


Binatang keempat memiliki sebuah tanduk kecil, yaitu Antikristus yang muncul di antara kesepuluh tanduknya (Dan. 7:8, 20, 24-26). Antikristus akan muncul dari salah satu tanduk di antara kesepuluh tanduk itu. Tanduk kecil itu mempunyai mata seperti mata manusia (Dan. 7:8, 20). Mata di sini melambangkan wawasan atau pengertian. Tanduk itu mempunyai mata seperti mata manusia menunjukkan bahwa Antikristus memiliki kepandaian yang cemerlang. Ia akan menjadi manusia yang penuh dengan pengetahuan dan juga memiliki wawasan atau pengertian yang luar biasa. Ia memahami pengetahuan politik juga mengenal baik semua pengetahuan modern. Perhatikanlah hal ini sewaktu Anda mengamati situasi dunia dan membaca surat kabar. Tidak lama lagi, orang seperti ini akan muncul.

Daniel 7:25 mengatakan bahwa tanduk kecil itu "akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi". Antikristus akan menaruh kaum saleh ke bawah tangannya dan terus-menerus menganiaya mereka. Mengalami penderitaan seperti itu jauh lebih sengsara daripada dihukum mati secara cepat. Janganlah menunggu untuk mengalami hal itu. Berdoalah, agar Anda luput dari aniaya itu. Daniel 7:25 juga menerangkan bahwa tanduk kecil ini akan "berusaha untuk mengubah waktu dan hukum". Pengubahan terhadap waktu dan hukum menunjukkan diubahnya ketetapan hari-hari raya bani Israel. Karena hari-hari raya itu menyangkut perihal penyembahan terhadap Allah, dan karena Antikristus akan menentang setiap agama, maka ia akan menghapuskan semua hari raya dan mengubah semua hukum. Karena itu, Antikristus yang menggantikan agama Yahudi, menghapuskan berbagai hari raya, dan mengubah hukum-hukum yang telah mereka terima dari Allah melalui nenek moyang mereka.

Sekarang mari kita melihat Daniel 8. Di sana kita melihat sebuah tanduk kecil (ayat 8-12, 21-25). Antikristus adalah binatang keempat dalam Daniel 7, juga tanduk kecil yang diwahyukan dalam Daniel 8. (Tanduk kecil ini mengacu kepada Raja Siria Antiochus Epiphones, tahun 170 SM sampai 168 SM, yang menyerang Yerusalem dan menjarah Bait Allah; dia adalah lambang dari Antikristus yang akan datang). Wahyu dalam Daniel 8 terutama mewahyukan dua hal: domba jantan yang melambangkan orang-orang Persia dan kambing jantan yang melambangkan orang-orang Yunani. Dalam kitabnya tentang nubuat-nubuat besar, G. H. Pember mengatakan bahwa sepanjang zaman Persia kuno, terutama di ibu kotanya, banyak ditemukan tanda gambar domba jantan. Demikian pula, pada zaman Yunani kuno, ditemukan banyak tanda gambar berbentuk kambing jantan. Alkitab menggunakan domba jantan untuk melambangkan orang-orang Persia dan kambing jantan untuk melambangkan orang-orang Yunani. Kambing jantan dalam pasal ini ditujukan kepada Aleksander Agung. Aleksander berkuasa kira-kira dua belas tahun dan mati mendadak pada usia tiga puluhan. Kekuatannya tidak seperti seekor domba jantan, melainkan seperti seekor kambing jantan. Sejarah memberi tahu kita, ketika Aleksander Agung datang ke Makedonia, ia mengenakan sebuah mahkota dari tanduk kambing.


Sumber: Pelajaran-Hayat Wahyu, Buku 3, Berita 40

No comments: