Hitstat

06 July 2017

Wahyu - Minggu 22 Kamis



Pembacaan Alkitab: Mat. 4:8-10
Doa baca: Mat. 4:9
Dan berkata kepada-Nya, "Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku.”


Kita bisa memperoleh gizi yang kaya dari nubuat-nubuat dalam Alkitab. Namun, kebanyakan orang yang mempelajari nubuat-nubuat itu hanya menjamah perkara-perkara seperti tujuh kepala, sepuluh tanduk, sepuluh jari kaki, tiga setengah tahun, empat puluh dua bulan, dan seribu dua ratus enam puluh hari. Hal itu seperti orang memberikan semangkuk tulang ayam tanpa daging sedikit pun. Tetapi kita harus menerima gizi dari firman ilahi. Mengatakan seluruh Alkitab adalah hembusan nafas Allah (2 Tim. 3:16), berarti setiap kata dalam Alkitab merupakan hembusan Allah. Dalam setiap kata dalam Alkitab, termasuk potongan-potongan nubuat ini, terdapat beberapa unsur hayat, terdapat rawatan yang menghidupkan. Ketika kita mempelajari nubuat, kita seharusnya mendapatkan tulang-tulang, juga mendapatkan daging.

Kita telah melihat tujuh aspek Antikristus yang penuh makna: binatang keempat dalam Daniel 7, tanduk kecil dalam Daniel 8, pemimpin dalam Daniel 9, raja, binatang yang mencakup segalanya, malaikat jurang maut, dan manusia durhaka dalam Daniel 11. Sekarang dalam berita ini kita perlu memperhatikan beberapa aspek penting lainnya dari oknum yang luar biasa ini.

Antikristus memiliki kekuatan dan kekuasaan Iblis (Why. 13:2). Dalam ayat 4-5 kita nampak bahwa naga itu "memberikan kekuasaan kepada binatang itu" dan "kepadanya diberikan juga kuasa untuk melakukannya empat puluh dua bulan lamanya". Naga itu memberikan kekuatannya, takhtanya, dan kekuasaannya yang besar kepada binatang itu. Hal itu menunjukkan bahwa naga itu membuat binatang itu menjadi satu dengan dirinya. Ketika Tuhan Yesus berada di bumi, Ia pernah dicobai oleh si Jahat di padang belantara untuk diberikan semua kerajaan dunia dengan kemegahannya (Mat. 4:8-9). Tetapi Tuhan Yesus menolaknya, kata-Nya, "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!" (Mat. 4:10). Sejak hari itu, Iblis terus mencari seseorang yang kepadanya bisa diberikan semua kekuatan, kekuasaan, dan kemuliaan kerajaan setaninya. Ia akan mendapatkan orang yang dicarinya, yaitu Antikristus. Apa yang ditolak oleh Tuhan Yesus akan diterima oleh Antikristus.

Karena Iblis memberikan kekuatan dan kekuasaannya kepada Antikristus, maka Antikristus akan menjadi satu oknum yang luar biasa. Pribadi dan karakternya sangat kuat.

Antikristus akan dibunuh dan hidup kembali (Why. 13:3). Ayat 12 mengatakan, "luka parahnya telah sembuh," dan ayat 14 mengatakan, binatang itu "luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu". Satu dari kepala-kepalanya ditujukan kepada satu dari antara para kaisar yang akan mati terbunuh, tetapi akan hidup kembali. Setelah hidup kembali, segenap bumi akan mengaguminya. Antikristus mungkin akan terbunuh pada pertengahan tujuh tahun yang terakhir, mungkin waktunya hampir bersamaan dengan saat Iblis dilemparkan dari surga ke bumi. Saya berkata demikian, karena menurut Kitab Wahyu 9:1, malaikat jurang maut keluar segera setelah Iblis, sebagai bintang itu, jatuh dari surga ke bumi. Mungkin pada waktu itulah kaisar ketujuh dari Kekaisaran Romawi akan terbunuh.


Sumber: Pelajaran-Hayat Wahyu, Buku 3, Berita 43

No comments: