Hitstat

04 July 2017

Wahyu - Minggu 22 Selasa



Pembacaan Alkitab: Why. 13:3
Doa baca: Why. 13:3
Lalu tampaklah kepadaku satu dari kepala-kepalanya seperti kena luka yang membahayakan hidupnya, tetapi luka yang membahayakan hidupnya itu sembuh. Seluruh dunia heran, lalu mengikut binatang itu.


Apakah kesepuluh tanduk itu? Pertama, mereka adalah kesepuluh raja dalam 17:12 yang dilambangkan oleh kesepuluh mahkota yang ada di atas tanduk itu. Kedua, kesepuluh tanduk itu adalah kesepuluh kerajaan yang dilambangkan oleh kesepuluh jari kaki patung besar dalam Daniel 2:42-44. Kesepuluh tanduk pada binatang itu sama dengan kesepuluh jari kaki pada patung besar. Selanjutnya, kesepuluh jari kaki itu juga kesepuluh kerajaan.

Ketujuh kepala binatang itu adalah ketujuh kaisar Kekaisaran Romawi (17:10), ditunjukkan oleh ketujuh mahkota yang ada di atas ketujuh kepalanya (12:3). Kaisar yang pertama adalah Yulius, yang kelima adalah Nero, yang keenam adalah Domitian, yang menjadi kaisar semasa Yohanes menulis Kitab Wahyu. Kaisar ketujuh, yang akhirnya menerima pukulan maut dan kemudian disadarkan dengan roh Nero, kaisar kelima, akan menjadi Antikristus. Sekarang ini, roh Nero masih terbelenggu di jurang maut. Setelah kaisar ketujuh terbunuh dan hampir dibangkitkan kembali, roh Nero akan dilepaskan dari jurang maut, masuk ke dalam tubuh kaisar ketujuh, yang kemudian akan bangkit kembali menjadi kaisar kedelapan (17:10-11). Meskipun Antikristus adalah kaisar yang kedelapan, namun ia berasal dari kaisar ketujuh dan bagian dari kaisar kelima.

Antikristus juga adalah malaikat jurang maut (9:11), sebuah lubang tidak berdasar. Kita telah nampak bahwa Antikristus akan muncul dari jurang maut (11:7; 17:8) dan akan memiliki roh Nero. Sebagian orang mungkin heran bagaimana kita mengetahui kalau Antikristus yang dihidupkan kembali itu akan memiliki roh Nero. Di satu pihak, kalau membicarakan tubuh aslinya, Antikristus berasal dari salah satu dari keempat kerajaan, kerajaan Makedonia dan Yunani kuno. Di pihak lain, Alkitab dengan jelas menyatakan bahwa ia akan muncul dari jurang maut. Selanjutnya, namanya merupakan sebuah bilangan, enam ratus enam puluh enam. Menurut evaluasi bilangan dalam bahasa Ibrani, bilangan dari nama kaisar Nero sama dengan enam ratus enam puluh enam. Ini menunjukkan bahwa Antikristus yang akan datang itu adalah kaisar Nero. Dengan bantuan beberapa guru yang terdahulu, kita nampak bahwa setelah kaisar Nero mati, rohnya tidak diragukan akan pergi ke jurang maut untuk dipakai kelak. Pada waktu yang telah ditentukan, rohnya akan dilepaskan dari jurang maut. Kitab Wahyu memberi tahu kita dengan jelas bahwa Antikristus yang akan datang ini akan kena pukulan maut. Meskipun ia akan dibunuh, namun lukanya yang fatal itu akan disembuhkan (13:3); menyatakan bahwa ia akan dihidupkan kembali. Bila kita sampai ke pasal 17, kita akan nampak bahwa Antikristus akan dihidupkan dengan roh kaisar Nero. Antikristus mula-mula akan menjadi kaisar ketujuh yang akan dibunuh, mungkin sebelum tiga setengah tahun yang terakhir. Kemudian roh Nero akan dilepaskan dari jurang maut dan masuk ke dalam tubuh kaisar ketujuh. Selanjutnya kaisar ketujuh itu akan hidup kembali menjadi kaisar kedelapan. Inilah tiruan dari kebangkitan Kristus. Umat kristiani memberitakan bahwa Kristus adalah satu-satunya orang yang telah mati dan bangkit kembali. Tetapi kelak akan ada satu orang lain yang dibunuh dan nampaknya bangkit kembali. Karena kebangkitan tiruan ini, seluruh dunia akan mengagumi binatang itu (13:3). Antikristus, tiruan Kristus, kaisar ketujuh, akan menjadi kaisar kedelapan. Namun ia memiliki tubuh kaisar ketujuh dan roh kaisar kelima. Kita semua perlu memiliki terang agar kita memahami hal ini dengan tepat.


Sumber: Pelajaran-Hayat Wahyu, Buku 3, Berita 42

No comments: