Hitstat

14 June 2018

Markus - Minggu 1 Kamis


Pembacaan Alkitab: Yes. 42:1-4, 6-7; Yoh. 1:18
Doa baca: “Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.” (Yoh. 1:18)


Dalam Injil Markus tidak terdapat Allah-Penyelamat sebagaimana terdapat dalam Injil Yohanes, Raja-Penyelamat sebagaimana terdapat dalam Injil Matius, atau Manusia-Penyelamat sebagaimana dalam Injil Lukas. Injil Markus menyajikan satu aspek khusus Kristus, aspek Hamba-Penyelamat. Injil Yohanes membicarakan Allah; Injil Matius membicarakan Raja; Injil Lukas membicarakan Manusia; dan Injil Markus membicarakan Hamba. Kita hampir tidak pernah berharap akan mendengar hal-hal yang unggul, dalam, dan menakjubkan tentang seorang hamba. Dari satu segi, tidaklah mudah membicarakan Injil Markus.

Bila kita ingin mengerti arti praktek kristiani yang sempurna, kita memerlukan Surat Yakobus. Mengenai kesempurnaan orang Kristen, tidak ada yang lebih bagus daripada Kitab Yakobus. Perhatikan, misalnya apa yang Yakobus katakan mengenai hikmat. “Tetapi hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya suka damai, lembut, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik” (Yak. 3:17). Mengenai kesempurnaan orang Kristen dan etika manusiawi, Kitab Yakobus sangatlah indah. Akan tetapi, tidak peduli bagaimana indahnya, ia masih berada pada tingkat insani dan tingkat insani tidak dapat dibandingkan dengan tingkat ilahi.

Dalam batas tertentu kita dapat memakai perbedaan tingkat tulisan Paulus dengan tulisan Yakobus. Lalu, bagaimana kita dapat membandingkan seorang hamba dengan seorang raja?

Nampaknya, Injil Markus berada pada tingkat yang jauh lebih rendah daripada Injil Yohanes, Matius, dan Lukas. Namun dalam Injil Markus kita mendapati catatan yang indah mengenai seorang Hamba yang ajaib. Dalam Injil Markus kita memiliki sesuatu yang tidak terdapat dalam Injil Yohanes, Matius, atau Lukas.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 1, Berita 1

No comments: