Hitstat

28 June 2018

Markus - Minggu 3 Kamis


Pembacaan Alkitab: Mrk. 1:14-45
Doa baca: “Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah.” (Mrk. 1:14)


Hamba Penyelamat telah diperkenalkan ke dalam ministri-Nya melalui dua langkah: Baptisan dan pengujian. Dalam Markus 1:14—10:52 sang Hamba-Penyelamat melaksanakan ministri yang ke dalamnya Ia telah diinisiasikan, suatu ministri untuk penyebaran Injil.

Injil adalah penggenapan janji-janji, nubuat-nubuat, dan lambang-lambang dalam Perjanjian Lama serta penghapusan hukum Taurat. Yesus Kristus, Persona yang hidup ini, telah menggenapkan janji-janji, nubuat-nubuat, dan lambang-lambang, juga telah menghapuskan hukum Taurat. Kristus sendiri adalah penggenapan ini, dan Ia sendiri yang menghapus hukum Taurat itu.

Permulaan Injil sebenarnya adalah diperkenalkannya Persona yang hidup ini. Hari ini bagi kita Kristus adalah segalanya. Asal kita memiliki Dia, kita memiliki segala sesuatu. Kita bukan memiliki janji-janji, kita memiliki Kristus; kita bukan memiliki nubuat-nubuat, kita memiliki Kristus; kita bukan memiliki lambang-lambang, kita memiliki Kristus. Kita tidak perlu berjuang untuk memelihara hukum Taurat, karena Kristus ada di sini, dan kita memiliki Dia.

Menurut Injil Markus bagian ini, isi pelayanan Injil terdiri atas lima hal: Memberitakan Injil (ayat 14-20), mengajarkan kebenaran (ayat 21-22), mengusir setan-setan (ayat 23-28), menyembuhkan orang sakit (ayat 29-39), dan mentahirkan orang sakit kusta (ayat 40-45). Isi pelayanan Injil Hamba-Penyelamat adalah pemberitaan, pengajaran, pengusiran setan, penyembuhan, dan pentahiran.

Menurut Markus 1:14, Yesus datang ke Galilea memberitakan Injil Allah. Pemberitaan Hamba Penyelamat adalah menyiarkan kabar sukacita Allah kepada orang-orang yang kasihan dan terbelenggu. Pengajaran-Nya adalah untuk menerangi orang-orang yang bodoh dalam kegelapan dengan terang kebenaran ilahi. Pemberitaan-Nya mencakup pengajaran, dan pengajaran-Nya mencakup pemberitaan.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 1, Berita 5

No comments: