Hitstat

22 June 2018

Markus - Minggu 2 Jumat


Pembacaan Alkitab: Mrk. 1:1-13; Gal. 3:16
Doa baca: “Adapun segala janji itu diucapkan kepada Abraham dan kepada keturunannya. Tidak dikatakan 'kepada keturunan-keturunannya' seolah-olah yang dimaksudkan adalah banyak orang, tetapi hanya satu orang 'dan kepada keturunanmu', yaitu Kristus." (Gal. 3:16)


Tahukah Anda apakah janji pertama yang diberikan oleh Allah dalam Kitab Kejadian? Janji yang pertama tercatat dalam Kejadian 3:15, “Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukan tumitnya.” Allah memberikan janji kepada Adam dan Hawa, bahwa keturunan perempuan akan meremukkan kepala ular, walaupun tumitnya akan diremukkan.

Injil adalah penggenapan janji bahwa keturunan perempuan akan meremukkan kepala ular. Keturunan perempuan adalah Hamba-Penyelamat yang disajikan dalam Injil Markus. Kita perlu menyatakan hal ini dalam pemberitaan Injil kita.

Janji yang lainnya, juga mengenai keturunan, diberikan kepada Abraham. Dalam Kejadian 22:17-18, Allah berjanji bahwa keturunan Abraham akan menjadi berkat besar bagi umat manusia, karena segala bangsa akan diberkati melalui keturunannya. Keturunan ini juga mengacu kepada Tuhan Yesus. Dalam Galatia 3:16, Kristus dilahirkan sebagai keturunan Abraham, dilahirkan dari bangsa yang terpilih.

Keturunan perempuan adalah untuk menghancurkan kepala ular, keturunan Abraham adalah untuk membawakan berkat Allah kepada kita. Keturunan perempuan mengakhiri ular dan keturunan Abraham membawakan berkat Allah Tritunggal. Apakah berkat ini? Menurut Galatia 3:14, berkat ini adalah Roh itu, yang adalah perampungan sempurna dari Allah Tritunggal. Tidak hanya demikian, berkat ini adalah hayat kekal kita. Roh itu sama dengan Allah Tritunggal, Allah Tritunggal adalah hayat kekal, dan hayat kekal adalah berkat yang kita terima. Inilah injil, yaitu penggenapan dari dua janji yang besar.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 1, Berita 3

No comments: