Hitstat

23 June 2018

Markus - Minggu 2 Sabtu


Pembacaan Alkitab: Mat. 17:8; Mrk. 1:1-13
Doa baca: “Ketika mereka mengangkat kepala, mereka tidak melihat seorang pun kecuali Yesus seorang diri." (Mat. 17:8)


Kita telah nampak bahwa Allah pertama-tama memberikan janji-janji. Kemudian Ia menurunkan hukum Taurat untuk memelihara umat pilihan-Nya, setelah itu Ia mengutus nabi-nabi untuk mengutarakan nubuat-nubuat sebagai pengukuhan janji-janji tersebut. Akhirnya, Dia yang dijanjikan itu, keturunan perempuan dan keturunan Abraham, datang. Dia bukan hanya datang, tetapi juga diperkenalkan.

Tuhan Yesus dilahirkan sebagai keturunan perempuan dan keturunan Abraham adalah untuk menjadi Hamba-Penyelamat kita, untuk meremukkan ular dan mendatangkan Allah Tritunggal sebagai berkat hayat kekal. Akan tetapi pada usia tiga puluh, Ia perlu diperkenalkan ke dalam ministri-Nya.

Injil adalah penggenapan janji-janji dan nubuat-nubuat dan juga pembatalan (penghapusan) penjagaan hukum Taurat. Hal ini berarti Injil adalah penggenapan janji-janji dan nubuat-nubuat mengenai keturunan yang unik ini, keturunan perempuan, dan keturunan Abraham. Selanjutnya, Injil membatalkan, meniadakan, dan menghapus penjagaan hukum Taurat. Sekarang kita tidak lagi tergantung pada janji-janji, hukum Taurat, dan nubuat-nubuat Perjanjian Lama, karena Kristus, keturunan yang unik itu, telah datang. Karena kita memiliki Dia, maka semua janji digenapkan. Sekarang kita tidak lagi di bawah zaman hukum Taurat, janji-janji, atau nubuat-nubuat, karena kita memiliki Kristus.

Bila kita nampak hal ini, kita dapat mengerti makna dari apa yang terjadi di gunung perubahan ketika Petrus mengusulkan agar dibuat tiga kemah – satu untuk Musa, satu untuk Elia, dan satu untuk Tuhan Yesus. Usul semacam ini bertentangan dengan surga. Musa mewakili hukum Taurat, dan Elia mewakili nabi-nabi. Kristus, adalah pengganti yang sempurna bagi keseluruhan Perjanjian Lama. Ini adalah Injil, berita gembira. Puji Dia, bahwa Kristus adalah penggenapan janji-janji dan nubuat-nubuat dan juga penghapus hukum Taurat!


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 1, Berita 3

No comments: