Hitstat

05 December 2012

Efesus - Minggu 11 Rabu


Pembacaan Alkitab: Ef. 2:11-13


Sebelum kita beroleh selamat, kita adalah bangsa-bangsa dalam daging, yang disebut sebagai orang-orang tidak bersunat. Manusia yang diciptakan Allah untuk menggenapkan kehendak Allah asalnya murni, tanpa dosa atau campuran negatif yang mana pun. Tetapi dosa, sifat Iblis yang jahat, melalui kejatuhan masuk ke dalam manusia, mula-mula mengakibatkan tubuh manusia menjadi daging, penuh dengan hawa nafsu, dan akhirnya membuat seluruh diri manusia menjadi daging. Jadi, manusia dirusak dan tidak berdaya menggenapkan kehendak Allah.

Lalu Allah datang memanggil satu suku dari antara manusia yang telah jatuh — Abraham dan keturunannya. Untuk menggenapkan kehendak Allah, Allah menyuruh mereka disunat, yaitu menyingkirkan daging mereka. Hal ini telah membuat umat Allah terpisah dari umat manusia yang telah jatuh, dan menyelamatkan mereka keluar dari keadaan kejatuhan itu. Sunat membuat satu perbedaan yang hebat antara mereka dengan umat manusia lainnya, yaitu mereka yang kemudian disebut orang-orang yang tidak bersunat, dan yang tetap berada dalam keadaan kejatuhan. Dahulu, sebelum kita dimasukkan ke dalam Kristus, kita pun berada dalam kategori ini.

Ayat 13 khusus mengatakan bahwa kita menjadi dekat oleh darah Kristus. Ini berarti kita tidak saja berada dalam Mesias, tetapi juga berada dalam penebusan yang dirampungkan oleh Mesias. Orang-orang Yahudi masih mengharapkan kedatangan Mesias, namun mereka tidak menyadari betapa mereka memerlukan penebusan Mesias. Pemindahan kita dari status lama ke status baru di dalam Kristus sesungguhnya telah dirampungkan oleh penebusan Kristus. Kita dahulu berada dalam status rendah karena kita telah jatuh. Tatkala Kristus mengalirkan darah-Nya di atas salib bagi penebusan kita, darah-Nya mengeluarkan kita dari status rendah itu. Sekarang karena kita telah dipindahkan oleh darah Kristus, kita kini berada di dalam Kristus dan di surga.

Karena itu, kita sudah dekat dengan Allah. Kita pun dekat dengan Israel, janji Allah, dan berkat-berkat Allah. Dengan kata lain, dalam posisi surgawi ini kita menjadi satu dengan Allah, dengan Israel yang wajar, dengan perjanjian Allah, dan juga menjadi satu dengan berkatberkat Allah. Berhubung kita telah dipindahkan dari status semula ke status baru, maka kita dapat mengambil bagian dalam segala sesuatu yang berasal dari Allah. Inilah bagian kita di dalam Kristus.

Kita telah diselamatkan dari keadaan kejatuhan melalui hayat, dan kita telah dipindahkan dari status kita yang dahulu melalui penebusan Kristus. Sekarang kita menikmati keselamatan dan mengambil bagian dalam segala sesuatu yang berasal dari Allah. Haleluya, kita telah diselamatkan dan dipindahkan! Pasal 2 menampilkan sebuah lukisan yang jelas, yaitu bagaimana kita telah diselamatkan dari keadaan kita yang kasihan, untuk menjadi karya agung Allah, dan bagaimana kita telah dipindahkan dari kedudukan dan status kita yang dahulu untuk menjadi manusia yang baru, yakni warga Allah, kaum keluarga Allah, dan tempat kediaman Allah. Demikianlah wahyu yang terdapat dalam Efesus 2.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 1, Berita 22

No comments: