Hitstat

31 December 2012

Efesus - Minggu 15 Senin


Pembacaan Alkitab: Kej. 1:9-10; Ef. 3:8


Efesus pasal 3 mewahyukan betapa Rasul Paulus me­miliki suatu perilaku yang sepadan dengan panggilan Allah. Sebagai orang yang demikian, ia juga adalah seorang tawanan, seorang pengurus rumah tangga, dan se-orang minister. Dalam pasal ini Paulus memberi tahu kita bahwa wahyu rahasia tentang Kristus bagi gereja te­lah diberikan kepada rasul-rasul dan nabi-nabi (ayat 5). Wahyu yang Paulus dapatkan tentang Kristus terutama merupakan suatu wahyu kekayaan Kristus yang tidak terduga. Berhubung perilaku Paulus dikuasai oleh wah­yunya atas Kristus, maka ia tak dapat tidak membicara­kan kekayaan Kristus tersebut. Pemberitaan rasul ber­fokus pada kekayaan Kristus, bukan pada doktrin. Kekayaan Kristus ialah apa adanya Kristus bagi kita; seperti hayat, terang, kebenaran, kekudusan, dan lain­nya. Kekayaan ini tidak terduga, di luar kemampuan kita untuk mengukurnya. Karena kita juga dapat menjadi ra­sul dan nabi, maka kita perlu nampak kekayaan Kristus yang tidak terduga itu.

Para rasul dan para nabi bukan kaum beriman golongan istimewa. Sebaliknya, mereka adalah kaum ber­iman biasa yang sama dengan kita semua. Perbedaan me­reka dengan kaum beriman lainnya ialah mereka adalah pemimpin-pemimpin. Itu sama dengan para penatua dalam gereja lokal. Para penatua bukan manusia-manusia luar biasa yang berpangkat tinggi, lebih tinggi daripada kaum beriman lainnya. Tidak, mereka hanyalah orang-orang yang bertindak sebagai pemimpin dalam kehidupan gereja. Kita semua perlu membiarkan konsepsi ini ter­ukir dalam diri kita.

Untuk menjadi rasul, nabi, pengurus rumah tangga, minister, dan bahkan tawanan Kristus, kita perlu menge­nal kekayaan Kristus yang tidak terduga. Kekayaan ini adalah untuk menghasilkan gereja, agar gereja menjadi kepenuhan Kristus.

Kekayaan Kristus telah dilukiskan dalam lambang-­lambang. Tidak mudah mendapatkan semua lambang Kristus dalam Perjanjian Lama. Ada beberapa lambang yang tersembunyi. Sebagai contoh, bumi atau daratan yang muncul dalam Kejadian 1:9 dan 10 itu adalah lam-bang Kristus. Banyak lambang lainnya terdapat dalam Kejadian 1: terang, matahari, bintang, dan pepohonan. Di tempat lain dalam Alkitab kita nampak bahwa pohon anggur, apel, kayu aras, dan pohon cemara melambang­kan Kristus. Sayur-mayur juga melambangkan Kristus. Pada hari Paskah, umat Israel tidak saja makan daging domba, juga makan roti tidak beragi dan sayur pahit. Gandum dan jelai juga melambangkan Kristus. Demikian pula bunga pacar dalam Kidung Agung. Persona tertentu — Adam, Habel, Ishak, Yakub, Yusuf, Musa dan Harun — juga melambangkan Kristus. Imam, raja, dan nabi juga melambangkan Kristus.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 2, Berita 30

No comments: